Mohon tunggu...
Kanwil Kemenkumham Maluku
Kanwil Kemenkumham Maluku Mohon Tunggu... Administrasi - Media Pemberitaan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku

Media Pemberitaan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku yang dikelola Bagian Humas Kanwil Kemenkumham Maluku

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Tren Berwisata Menjadi Landasan Pelaksanaan Sosialisasi M-Paspor

1 Juli 2022   15:02 Diperbarui: 1 Juli 2022   15:03 24 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Doc. Humas Kanwil Kemenkumham Maluku

 

Ambon, KUMHAM MALUKU -- Tren masyarakat Indonesia untuk berwisata dan memperoleh Pendidikan diluar negeri menjadi sangat digandrungi saat ini, sejalan dengan hal ini Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku melalui Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Ambon menggelar sosialisasi M-Paspor, Jumat (01/07).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku H.M Anwar didampingi oleh yang berkesempatan membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa peluncuran aplikasi Mobile Paspor (M-Paspor) yang secara resmi dilakukan oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly pada Januari 2022 yang lalu merupakan terobosan dalam menanggapi perkembangan Teknologi yang semakin maju.

Anwar mengungkapkan bahwa M-Paspor ini menawarkan kemudahan bagi para pemohon dalam mengunggah berkas secara mandiri, memilih lokasi wawancara dan jadwal kedatangan sesuai keinginan dari pemohon.

"Kemenkumham melalui Direktorat Jenderal Imigrasi terus berinovasi untuk memudahkan masyarakat dalam peangurusan paspor, nantinya dengan M-Paspor masyarakat cukup mengunggah scan berkas ke aplikasi, jadi Ketika datang ke Kantor Imigrasi pemohon cukup menunjukkan berkas asli saja saat wawancara, bagi saya ini akan cukup efisien untuk memangkas waktu tatap muka dan mengantisipasi antrian yang panjang" ujar Anwar.

Mengakhiri sambutannya, Kakanwil menghaturkan selamat atas terselenggaranya sosialisasi keimigrasian penggunaan aplikasi M-Paspor Tahun 2022, Dirinya mengharapkan dari Sosialisi ini Kerjasama dan koordinasi tugas dapat tumbuh untuk menjaga kedaulatan Negara.

Selanjutnya oleh Kepala Kanim Ambon Armand Armada Yoga Surya menambahkan bahwa M-Paspor merupakan pengembangan dari APAPO (Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online) yang diinisiasi agar transparansi dan efisiensi dapat dirasakan oleh masyarakat.

Kegiatan berlangsung di Ballroom Amaris Hotel ambon  dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi Ikmal Idrus, dan diikuti oleh peserta serta undangan dari Instansi terkait. (Humas)

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan