Mohon tunggu...
Kang Win
Kang Win Mohon Tunggu... Penikmat kebersamaan dan keragaman

Ingin berkontribusi dalam merawat kebersamaan dan keragaman

Selanjutnya

Tutup

Analisis Artikel Utama

Anggaran Pilkada 2020 dan Nasib Tragis PKS di Kabupaten Bandung

4 September 2020   21:57 Diperbarui: 6 September 2020   05:47 2313 43 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anggaran Pilkada 2020 dan Nasib Tragis PKS di Kabupaten Bandung
Kantor Bupati Bandung. (Tribun Jabar - Tribunnews.com)

Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020 terus berlanjut. Jum'at 4 September 2020 dimulai tahapan Pendaftaran Pasangan Calon yang akan berlangsung selama 3 hari sampai dengan Minggu 6 September 2020.

Kabupaten Bandung adalah satu dari 8 kabupaten/kota di Jawa Barat yang tahun ini menggelar pilkada serentak. 7 daerah lainnya adalah Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya dan Pangandaran serta Kota Depok.

Pada perhelatan pilkada serentak tahun 2020 ini, Kabupaten Bandung menjadi daerah dengan jumlah TPS terbanyak di Indonesia. Dengan perkiraan jumlah hak pilih sekitar 2.400.000 maka diperlukan TPS hampir mencapai 6.800 TPS. 

Besarnya jumlah TPS seiring dengan penurunan kuota pemilih per TPS dari semula 800 hak pilih menjadi 500 hak pilih per TPS. Sebagai konsekuensinya, Pilkada Kabupaten Bandung menjadi Pilkada termahal di Indonesia dengan anggaran mencapai Rp. 140 milyar.

Di luar hal-hal di atas terdapat beberapa hal menarik dalam gelaran pilkada Kabupaten Bandung tahun ini.

Tampilnya Para Pesohor

Posisi geografis yang menjadi penyangga Kota Bandung, Kabupaten Bandung menjadi  salah satu daerah terseksi dalam gelaran pilkada serentak tahun ini. 

Tidak heran jika banyak pesohor yang berusaha tampil baik menjadi bakal calon bupati maupun calon wakil bupati. Beberapa pesohor yang sempat digadang-gadang menjadi kandidat yang diusung terdapat nama-nama Inggrid Kansil, Dina Lorenza, Rachel Maryam, Syahrul Gunawan dan pesebakbola Atep Rizal. 

Dalam perkembangan terakhir hanya 2 nama terakhir (Syahrul Gunawan dan Atep Rizal) yang berhasil sampai ke tahapan pendaftaran pasangan Calon.

Atep Rizal didaftarkan sebagai Calon Wakil Bupati untuk Yena Iskandar Ma'soem sebagai Calon Bupati. Pasangan ini diusung PDIP dan PAN. Sedangkan Syahrul Gunawan didaftarkan sebagai Calon Wakil Bupati berpasangan dengan Dadang Supriatna sebagai Calon Bupati. 

Pasangan yang memakai akronim "Bedas" ini diusung 4 parpol (PKB, Nasdem, Demokrat dan PKS) plus 4 parpol non parlemen (Perindo, Hanura, Garuda, Berkarya dan PKPI).

Tampilnya pesohor yang diwakili Syahrul Gunawan dan Atep Rizal menjadi hal baru dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Bandung sejak Pilkada Langsung dihelat pertama kali tahun 2005.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN