Mohon tunggu...
Hobby

Pelitnya si Kutu Buku

31 Agustus 2018   09:40 Diperbarui: 31 Agustus 2018   10:00 390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suatu hari saya meminjamkan buku favorit saya kepada seorang teman. Buku itu adalah buku yang bagus yang pernah saya miliki dan saya tidak bisa menerima jika buku itu hilang atau rusak. Dan minggu demi minggu berlalu hingga saya tidak sabar untuk meminta buku itu dari si peminjam. Betapa terkejutnya saya ketika dia mengatakan bahwa buku tersebut hilang. Dan yang lebih parah lagi, dia seakan tidak merasa berdosa dan tidak ada niatan untuk mengganti buku saya yang hilang itu.

Di kesempatan yang lain saya meminjamkan buku ke salah seorang teman yang lain. Ya, dia memang tidak menghilangkan buku saya dan dia juga mengembalikan buku itu tepat waktu. Hanya saja saya tidak bisa lepas dari rasa jengkel. Saya menemukan banyak rempah-remah makanan dan jejak minyak makanan di sela-sela buku saya. Uh!

Sejak saat itu, saya selalu malas untuk meminjamkan buku kepada sembarang orang. Kecuali jika orang yang saya pinjami benar-benar orang yang bisa dipercaya atau sama-sama kutu buku yang memperlakukan buku secara 'manusiawi.'

Jangan harap orang-orang yang sudah masuk ke dalam daftar blacklist akan bisa meminjam buku saya lagi. Hehe. Terkesan kejam tapi itulah saya.

Setidaknya, bagi seorang bookworm yang sangat perhatian sama bukunya, dia akan selektif terhadap setiap orang yang ingin meminjam bukunya. Ada banyak proses 'wawancara' untuk benar-benar bisa mendapatkan buku si booklover ini.

Seperti contoh di bawah ini,

Pertama, Apakah kamu benar-benar mau membacanya?

Jika kamu tidak serius ingin membacanya, saya tidak akan meminjamkannya.

Oke, kamu akan membaca buku itu. Lalu apakah kamu akan melipat halaman bukunya sebagai tanda?

Jika ya, maka saya tidak akan meminjamkan buku itu kepadamu. Jika tidak, maka saya akan dengan senang hati meminjamkannya. Tapi jika saya meminjamkan buku saya, apakah kamu akan mengembalikannya?

Oke, jika sepakat maka kamu saya beri waktu 24 jam untuk meminjam buku saya. Silakan!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun