Ferry Aldina
Ferry Aldina Karyawan Swasta

.:: Berbagi Bermanfaat Berkarya ::.- http://blogaldina.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Muda Artikel Utama

Cara Cepat Menyelesaikan Skripsi agar Selesai Tepat Waktu

20 November 2017   09:47 Diperbarui: 21 November 2017   20:56 3240 3 3
Cara Cepat Menyelesaikan Skripsi agar Selesai Tepat Waktu
Ilustrasi Skripsi (sumber : www.adisumaryadi.com)

Sebagai mahasiswa Teknik Kimia pastilah mendapatkan Tugas Akhir penelitian dan rancang pabrik teknik kimia. Keduanya merupakan syarat kelulusan di Jurusan Teknik Kimia. Nah, sekarang saatnya saya mau berbagi tips agar skripsimu, minimalnya gak ngaret, maksimalnya secepat kilat. Hehe

Biasanya ada beberapa syarat dalam membuat Tugas Akhir Rancang Pabrik. Misalnya tidak boleh judul yang sama dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Kalau di kampus saya seperti itu. Selebihnya saya mau berbagi tips agar Rancang Pabrikmu Efektif dan Efisien dalam pengerjaannya.

1. Survey

Pertama-tama kamu harus survey terlebih dahulu untuk menentukan judul yang mau diajukan. Biasanya banyak di perpustakaan kampus. Saran saya sih sebelum browsing di internet lebih baik browsing dulu di perpustakaan. Ini lebih efektif dan bisa menghemat waktumu.

Kadang ada juga yang "browsing" ke kakak kelas, harapannya sih pengen dapet soft file skirpsi. Kali aja judulnya belum dipake terus bisa diajukan. Saya sih SANGAT tidak menyarankan untuk meng-copy paste pekerjaan mahasiswa lain evenitu beda kampus dengan kalian. Kalau kalian bener-bener dari nol banget, Beda brofeel-nya. Rasanya nikmat banget pas setelah beres ngerjainnya nanti. Banyak cerita didalamnya dibanding kalian cuma copy paste. Percaya deh.

2. Sharing dengan kakak kelas

Nah sharing di sini jelas berbeda sekali dengan copy paste. Kalian bisa tanya-tanya tentang metode pengerjaan atau minta juga soft file Tugas Akhirnya. Tujuannya disini sebagai pembanding metoda yang kalian gunakan. Setiap kampus kan rata-rata beda urutan dan tata cara pengerjaan rancang pabriknya.

Sharing juga berfungsi untuk menjaga komunikasi dan tanya-tanya seputar sidang. Sangat senang pokoknya punya senior yang welcomebanget.

3. Lima Neraka Rancang Pabrik

Neraka ya? Serem banget kayaknya. Memang begitulah. Neraka ini bisa dilewati jika kita tahan terhadap godaan syetan-syetan pengganggu, macam medsos, nongkrong, nonton, dll. Ada lima tahapan neraka yang kamu harus lewati. Eh, sebelumnya ganti aja dulu itu nama "neraka". Khawatir menimbulkan kontroversi. hehe

Lima tahapan pengerjaan rancang pabrik (setelah proposalmu disetujui) antara lain Neraca Massa, Neraca Energi, Perancangan Alat Proses, Utilitas, dan Ekonomi Teknik. Bagi yang faham sewaktu kuliah pastinya tidak asing dengan lima neraka tersebut, eh lima tahapan tersebut. Hehe Sangat gawat kalau kalian bener-bener gak faham. Tapi gak apa-apa nanti saya share seputar Neraca Massa, Neraca Energi, Perancangan Alat Proses, Utilitas, dan Ekonomi Teknik.

4. Banyakin berdoa

Setelah tiga tips dari saya tersebut digunakan pastinya kalian harus punya timeline pengerjaan seperti tulisan saya tentang Agar Skripsimu PATAS. Karena timeline ini adalah salah satu trik untuk membuat skripsi lebih cepat dan tuntas.

Tetapi yang paling utama adalah berdoa. Timeline yang dibuat jangan terlalu ketat bahkan sampai-sampai melalaikan kita beribadah. Ibadah mah tetap yang utama. Saran saya sih banyakin tahajud deh, bener-bener jitu kalau berdoa di sepertiga malam tuh.

Saya doakan bagi yang akan dan sedang melaksanakan skripsi semoga dimudahkan pengerjaannya, digiatkan ibadahnya, dan diberikan keberkahan hasilnya.

Kalau tulisan ini bermanfaat, silahkan share ya kawan-kawan.


Sumber : blog pribadi Aldina Fey