Mohon tunggu...
Kang Chem
Kang Chem Mohon Tunggu... -

Pegiat fotografi jalanan... tulisan yg saya buat sangat subjektif. @storyofthestreet / @kangchem . Boleh bersurat di kangchem.bdg@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Perlukah Permisi Sebelum Motret Orang Asing? (Street Fotografi)

25 Januari 2019   23:21 Diperbarui: 26 Januari 2019   21:17 555
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Kenalan dulu, saya adalah seorang street fotografer yang spesifik menyukai mengambil ekspresi wanita yang sedang kesepian di pinggir jalan... biasanya yang saya potret adalah orang yang tidak saya kenal, atau belum...)

saya suka sekali foto ini, karena ada tiga tatapan mata sekaligus. akhirnya kami kenalan sih, tapi foto ini versi spontan sebelum kenalan
saya suka sekali foto ini, karena ada tiga tatapan mata sekaligus. akhirnya kami kenalan sih, tapi foto ini versi spontan sebelum kenalan
Jawabannya: bergantung keadaan. Namun secara umum sih saya tidak pernah permisi dulu. Oh iya, guna mengingatkan, semua cara yang saya jelaskan di tulisan-tulisan ini, kita mengambil asumsi kamu akan pakai kamera dengan lensa yang wajar untuk street ( 28 / 35 / 50 ).

Jadi kalau kamu pakai lensa tele, itu tidak perlu diajari apapun, bukankah kamu ke jalanan untuk memotret burung di pohon atau apartemen yang kebakaran.

Saya pernah melakukan percobaan yang sangat tidak ilmiah. Saya ingin mencoba memotret cewek yang lagi melamun nunggu ojek online, lima kali saya motret dengan basa-basi "permisi, boleh saya potret", dan lima kali saya langsung potret tanpa ba bi bu. Hasilnya? Semua cewek yang saya mintai permisi, pada menolak, melengos, bahkan kabur. 

Yang tanpa permisi? Semuanya berhasil, saya dapat foto, karena itu tujuannya. Perkara mereka bakal melengos itu gak masalah, toh foto sudah didapat. Lebih baik mana, kena tolak dan gagal dapat foto, atau sedikit kena semprot tapi dapat foto? Lagipula, setelah itu kamu tinggal tersenyum, minta maaf, dan katakan kamu adalah fotografer jalanan.

Ya, Eric Kim pernah mengajari saya sebuah hal kecil namun sangat signifikan. "Mengucap maaf setelah mengambil foto jauh lebih mudah dan lebih produktif, daripada mengucap permisi sebelum mengambil foto."

Jadi perlu apa tidak? Sekali lagi bergantung keadaan dan situasi sekitar.

(saya tidak kenal cewek ini, dia lagi makan di restoran cepat saji, saya berdiri di luar, kami dipisahkan kaca besar, saya menunggu dia menoleh)
(saya tidak kenal cewek ini, dia lagi makan di restoran cepat saji, saya berdiri di luar, kami dipisahkan kaca besar, saya menunggu dia menoleh)
Kamu hanya mengganggu sedikit saja

Jangankan oleh teman, diri sendiri saja bertanya, apakah dengan mengambil foto orang dari jarak dekat dan tanpa permisi itu mengganggu?

Kemudian saya coba menganalisis, bila memang mengganggu, apanya. Saya tidak bisa dibilang mencuri foto karena orangnya tahu kok, saya semeter di depan dia, kalau ngambil dari jarak 20 meter pakai lensa tele itu baru mencuri, saya lebih suka disebut merampok... haha.

Acapkali ketika saya coba-coba untuk permisi sebelum memotret orang asing, saya pasti bilang "apakah anda keberatan dan terganggu jika saya memotret anda...?" ya biasanya bisa dijawab iya bisa juga tidak. Untuk meyakinkan orang tersebut, saya siap memperlihatkan isi galeri foto-foto yang pernah saya ambil, akun Instagram saya, dan bahkan saya selalu bawa kartu nama yang ada embel-embel "street fotografer".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun