Mohon tunggu...
M. Hafizhuddin
M. Hafizhuddin Mohon Tunggu... Kang Apis

Anggota Paguyuban Tidur Berdiri di Commuter Line

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Oktober Ini Siap-siap Jadwal Persib Berantakan Lagi

4 Oktober 2019   16:12 Diperbarui: 6 Oktober 2019   08:19 0 7 0 Mohon Tunggu...
Oktober Ini Siap-siap Jadwal Persib Berantakan Lagi
(Foto: KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA)

Pekan lalu (28/09) seharusnya Persib Bandung menjamu Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kab. Bandung. Namun pertandingan urung digelar karena tak mendapat izin dari pihak kepolisian.

Kapolda Jawa Barat, Rudy Sufahriadi berdalih panasnya tensi antarsuporter berisiko akan menimbulkan bentrok. Selain itu, situasi pekan lalu yang sedang diramaikan unjuk rasa di berbagai daerah, termasuk Bandung, menjadi pertimbangan lain.

Hal ini jelas menjadi kerugian bagi Persib, di mana klub sedang mencoba meneruskan tren positif. Sebelumnya mereka sukses mengalahkan Persipura Jayapura 3-1 di Stadion Surajaya, Lamongan (kandang sementara Persipura).

Sebagian besar bobotoh juga heran dan tidak terima jika klub kebanggaannya harus mengalami penundaan lagi. Pasalnya di awal musim ini Persib juga harus menunda laga melawan PS Tira Persikabo.

Saat itu izin kepolisian tidak terbit karena berdekatan dengan pengumuman hasil Pemilu. Tidak ada sangkut pautnya dengan pertandingan. Terlebih laga digelar di Bandung, bukan di Jakarta tempat dilangsungkannya pengumuman oleh KPU Pusat.

Polda Jabar mungkin tak ingin kecolongan lagi. Tahun lalu manajemen Persib berusaha melobi kepolisian untuk tetap menyelenggarakan pertandingan Persib versus Persija. Polda awalnya ragu karena riwayat pertemuan keduanya tidak baik-baik saja.

Laga tersebut akhirnya diizinkan digelar dengan syarat pendukung Persija diimbau tidak datang ke stadion. Namun seperti yang kita tahu, Haringga Sirla seorang Jakmania tewas dikeroyok di parkiran Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, karena tak mengindahkan imbauan tersebut.

Oktober yang (Mungkin) Berantakan bagi Persib
Selama Oktober ini Persib dijadwalkan akan bertanding sebanyak lima kali dengan rincian sebagai berikut:
5 Oktober: vs Madura United (Away)
19 Oktober: vs Persebaya (Home)
23 Oktober: vs Bhayangkara FC (A)
28 Oktober: vs Persija (H)
31 Oktober: vs Kalteng Putra (A)

Dari lima laga tersebut, ada tiga pertandingan yang mungkin tak berjalan sesuai harapan, yaitu melawan Persebaya, Bhayangkara, dan Persija.

Pertandingan Persib vs Persebaya pada 19 Oktober berdekatan dengan jadwal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI (20 Oktober). Mungkin terasa tidak masuk akal jika sampai harus menunda pertandingan. Namun itulah yang terjadi Mei lalu saat jadwal melawan PS Tira harus tertunda dengan alasan politis.

Apalagi laga ini dipastikan bakal menyedot banyak massa meskipun sangat kecil peluang untuk saling bentrok karena kekerabatan kedua kubu, bobotoh dan bonek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2