Mohon tunggu...
Kang Affan
Kang Affan Mohon Tunggu... Musisi, Youtuber & Podcaster

Bernama lengkap Muhajir Affandi atau sering dipanggil Kang Affan lahir di Kabupaten Kuningan Jawa Barat 17 Januari 1987. Nama awal KANG sendiri hanyalah panggilan untuk anak Kiyai (kalau dijawa biasa dipanggil GUS). setelah vakum cukup lama dari MAY band kembali hadir dengan konsep solo dan memulai debut tahun 2019. selain itu, kesibukan menjadi seorang dosen pemula di salah satu kampus swasta di Kab. Kuningan dan juga menjadi penulis buku yang sudah menerbitkan 2 judul buku yaitu : Komunikasi propaganda suatu pengantar, dan Teknologi Informasi dalam Pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengamanan di Era Sunan Gunung Jati

11 Oktober 2019   20:28 Diperbarui: 21 Oktober 2019   09:37 109 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengamanan di Era Sunan Gunung Jati
085640-361965-makamgunungjati-5dad19f9097f363f943edfb2.jpg

Tulisan ini diawali dari hasil ngevlog bersama pak Akbarudin Sucipto yang merupakan budayawan, sejarawan juga komisi informasi kota cirebon saat berkunjung ke rumah saya dan kita ngevlog membahas tentang keamanan di era sunan gunung djati. berikut kesimpulannya

1. Kesultanan Cirebon pada era sunan gunung jati sudah memiliki Jaga Baya sebagai Kepala Keamanan, Syarif Abdurahim sebagai kepala pengdilan, syarif abdulrahman sebagai kepala kejaksaan, Cirebon Girang sebagai Kepala Intelejen, Ki gede Bungko sebagai Panglima angkatan laut, Nyimas Gandasari, Nyimas Pakuwati, sebagai spesialis perang urat syarat.  

2. Keamanan pada era sunan gunung jati sudah menerapkan sistem Ring dan memiliki penanggung jawab keamanan di setiap ring nya.

3. Selain keamanan dari golongan manusia, sunan gunung jati juga membentuk keamanan dari golongan jin di alam ghaib. 

dari ketiga hal diatas, sunan gunung jati sukses membuat kesultanan cirebon menjadi aman dan tentram.

untuk mengetahui lebih lanjut bisa menonton video dibawah yang diulas lebih lengkap.


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x