Mohon tunggu...
Muhammad Adib Mawardi
Muhammad Adib Mawardi Mohon Tunggu... Lainnya - Sinau Urip. Nguripi Sinau.

Profesiku adalah apa yang dapat kukerjakan saat ini. 😊

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Waspadalah Terlalu Lama Menggunakan Hape, Ini Alasannya!

18 September 2020   11:12 Diperbarui: 18 September 2020   14:41 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Rio Lecatompessy (Unsplash)

Saat kita menggenggam sebuah hape, secara langsung kita mungkin tidak akan terlalu merasa dampaknya bagi anggota tubuh kita. Sebab dengan bobotnya yang relatif ringan itu bisa saja tangan kita tidak merasakan beban yang berarti saat mengangkatnya. 

Akan tetapi, hal yang lekas perlu kita waspadai adalah manakala kita mengangkatnya dalam durasi yang lama, misalnya untuk waktu yang berjam-jam dalam sehari semalam. Jika kita cermati lagi, kemungkinan sedikit banyak akan ada hal yang kita rasakan dari kebiasaan kita ini. 

Berkaca dari pengalaman saya pribadi, kebiasaan saya pada beberapa bulan terakhir ini yakni menulis artikel pada gawai, mulai sedikit terasa efeknya pada tangan kiri saya. Sebab biasanya tangan inilah yang menjadi tumpuan bagi saya saat menulis artikel dengan hape. 

Awalnya, saya menganggap menulis dengan hape ini adalah aktivitas yang mudah dan menyenangkan, mengingat saya bisa melakukannya dimana saja tanpa terikat tempat. Asalkan hape ada di tangan, begitu ide berseliweran langsung bisa diwadahi. 

Hal inilah yang kemudian menjadikan saya lebih tertarik mengetik pada gawai dibandingkan dengan laptop, di samping alasan lainnya, yakni keadaan laptop jadul saya tidak dapat digunakan untuk log in ke Kompasiana, hingga hari ini.

Jika dikumpulkan dan dihitung-hitung lagi, mungkin saja tulisan-tulisan yang telah saya selesaikan dan kirimkan ke berbagai media dengan hape ini, mungkin saja sudah bisa menjadi sebuah buku. 

Beberapa lama saya membiasakan menulis dengan cara ini, saya merasa sedikit ada yang aneh pada tangan kiri saya. Terkadang saya merasa sedikit kelu dibandingkan tangan satunya. Saya pun mulai meraba, apakah barangkali ini sebab kebiasaan saya menulis dengan hape. 

Tangan kiri saya yang biasa menumpu beban yang tidak terlalu berat namun dalam durasi yang sangat lama secara perlahan telah menunjukkan rasa keberatannya, sebab ia telah saya eksploitasi untuk menjadi tumpuan dalam menanggung beban hape ini. Rasa keberatan pun akhirnya ia wujudkan dalam bentuk sedikit rasa kelu yang mulai terasa. 

Sedikit berlebihan memang jika menggambarkan hal yang sepele ini sebagai penyebab cederanya tangan. Apalagi yang terasa hanyalah sedikit rasa kelu. 

Namun, tidak ada salahnya bagi kita untuk mulai mewaspadai hal yang kecil demi membatasi terjadinya hal yang lebih besar. Termasuk juga dalam hal ini adalah pada saat menggunakan gawai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun