Mohon tunggu...
De Kalimana
De Kalimana Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Diabetes Militus dan Penyembuhan Spiritual Quantum (1)

11 Januari 2018   07:45 Diperbarui: 12 Januari 2018   18:58 2762
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai penyakit diabetes atau yang dikenal dengan diabetes militus. Setahun yang lalu saya divonis dokter sebagai penderita diabetes militus, karena hasil test laborat menunjukkan kadar gula darah saya sangat tinggi, 640 mg/dl. 

Padahal enam bulan sebelumnya saya telah melakukan medical check up dan hasilnya semuanya normal (gula darah, kolesterol, asam urat, trigliserid, LDL, SGPT dan DGOT semuanya baik), kecuali gigi dan mata. Bahkan kata dokter, di usia 55 tahun hasil ini lumayan bagus.

Saya kaget dan shok mendengar vonis diabetes, karena sebagai pegawai negeri kelas menengah, selama ini pola hidup saya  cukup baik, pola makan cukup sederhana dan olah raga cukup lumayan meski tidak rutin. 

Hasil medical check up enam bulan yang lalu juga bagus. Tatapi kanapa tiba-tiba kadar gula darah mendadak tinggi, 640 mg/dl. Sangat jauh diatas 200 mg/dl, sebagai indikasi seseorang sudah bisa dikatakan sebagai penderita diabetes.

Salah satu kesalahan saya adalah ketidak tahuan. Selama kurang lebih dua tiga minggu saya merasa badan mudah lelah, mudah lapar, sering haus dan sering pipis malam hari. Berat badan juga turun cukup signifikan, tetapi tidak saya hiraukan karena waktu itu saya lagi gemar puasa senin kamis.  Saya justru gemar minum air manis, terutama saat buka puasa. 

Hingga pada suatu saat pandangan mata saya sangat kabur, bahkan hampir tak bisa melihat jauh. Segera seorang kawan menyarankan untuk periksa gula darah. Hasilnya, ya Tuhan ... sangat tinggi 640 mg/dl. Langsung saya ditangani dokter dan harus menjalani perawatan intensif (opname) selama 5 hari untuk menurunkan kadar gula darah.

Kini selama setahun saya telah menjalani hidup sebagai penderita diabetes militus. Meski sebagai penderita diabetes, pada beberapa bulan awal saya tidak banyak tahu perihal diabetes sehingga dalam menjalani hidup saya seringkali stress. 

Dokter tidak banyak menjelaskannya kecuali apa yang harus dan tidak boleh saya lakukan. Dengan banyak berdiskusi dengan sesama penderita diabetes dan baca-baca buku akhirnya saya mulai paham apa itu diabetes militus dan tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan dalam menjalani hidup ini.

Berikut ini adalah poin-poin yang ingin saya share kepada sesama para penderita diabetes militus.

- Memahami diabetes militus

- Macam dan penyebab diabetes

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun