Mohon tunggu...
Kalih Moghita
Kalih Moghita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Manajemen Komunikasi Intrapribadi dalam Memulihkan Mental Health

22 Januari 2022   20:40 Diperbarui: 22 Januari 2022   22:26 159 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 

Kalih Moghita Jyoti

Program studi Ilmu Komunikasi, STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja

Email : kalihmoghitaj5@gmail.com 

 

 

PENDAHULUAN

Komunikasi intrapribadi atau intra personal adalah komunikasi yang kita lakukan pada diri sendiri, dalam Ilmu Komunikasi juga disebutkan bahwa dengan memanajemen komunikasi intrapribadi atau interpersonal dengan baik, maka kita akan memiliki pondasi yang kokoh untuk membuat tameng diri, selain itu komunikasi intrapribadi adalah langkah awal sebelum melakukan  komunikasi interpersonal. Mengapa dikatakan komunikasi intrapersonal itu penting dalam memulihkan mental health, karena dalam melakukan komunikasi intrapersonal kita tidak hanya menjadi komunikator tetapi juga menjadi seorang komunikan.

Artikel ini membahas tentang beberapa hasil penelitian yang berjudul "Komunikasi Intrapribadi Dapat Memulihkan Mental Health". Seperti yang kita ketahui kasus bundir atau yang sering disebut bunuh diri sudah banyak terjadi di kalangan orang dewasa maupun remaja, penyebab utamanya adalah tidak ada yang bisa menjadi pendengar yang baik, yang padahal dengan cara berkomunikasi pada diri sendiri sangat membantu kita untuk mengontrol emosi dalam diri.

  Proses komunikasi intrapersonal atau intra pribadi terfokus pada hal-hal seperti mengamati, mendengarkan, membaca, berpikir, dan mencari inspirasi. Kegiatan terbanyak dalam konteks komunikasi, yaitu mencari informasi untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Sebab itulah mengapa komunikasi intrapersonal berperan penting dalam memulihkan mental seseorang.

Maka ada pepatah yang mengatakan bahwa sebelum bersahabat dengan orang lain bersahabatlah dengan dirimu sendiri terlebih dahulu, seperti kutipan yang terdapat pada buku Psikologi Komunikasinya bahwa "Luruskan Cara Berkomunikasimu maka Luruslah Jiwamu"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan