Mohon tunggu...
Politik

Ada yang Beda dari Acara Partainya Pakde Jokowi..

15 Desember 2017   15:56 Diperbarui: 15 Desember 2017   16:39 1271 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada yang Beda dari Acara Partainya Pakde Jokowi..
Dok.pribadi

Agak berbeda dengan kebanyakan partai politik yang menggelar rapat besar khusus pada internal saja, PDI Perjuangan, dalam rakornas 3 nya selain menggelar agenda khusus, mereka menyelenggarakan event "Pameran Ekonomi Gotong Royong". Biasanya sejenis event-event pameran kayak gini, agency-agency EO kerjaannya, tapi kali ini beda, sebuah parpol yang menyelenggarakan.

Kok bisa ya parpol kepikiran membuat acara semacam ini, apalagi disandingkan dengan acara rakornas? Agaknya partai pemenang pemilu dengan tokoh sentralnya Presiden Jokowi ini ingin menembus batas, anti mainstream kata anak-anak jaman now. Sebelumnya acara partai identik dengan eksklusifitas, kali ini dibuat memasyarakat.

Menurut Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga, kegiatan pameran dan workshop yang bagian dari Rakornas Tiga Pilar ini adalah jawaban atas kritik dan autokritik partai. Di mana partai selama ini dinilai hanya berpikir mengenai kekuasaan, politik, dan kepentingan sesaat.

Kegiatan ini tidak hanya pameran saja, akan ada workshop yang bersifat sangat teknis yang diharapkan punya manfaat tinggi bagi para peserta yang hadir. Di antaranya, Ada tujuh workshop di sana semisal soal akses permodalan, promosi dan pemasaran UMKM, pengurusan IUMK dan Hak Merek, hingga peran BUMDes dalam mendorong UMKM.

Pameran ekonomi ini kayaknya memang agak fokus pada usaha-usaha yang merakyat, semacam ternak lele, bertanam singkong. Dari kabar-kabar yang berhembus ada 300 lebih pengusaha yang akan menjadi percontohan atau role model UMKM yang bisa Anda serap ilmunya dan terapkan untuk meningkatkan taraf hidup di daerahnya masing-masing.

Mindo Sianipar Ketuplak acara ini menyampaikan si moncong putih ingin rakyat Indonesia berdiri di atas kaki sendiri, tidak tergantung kepada siapapun, terutama harus bisa mengembangkan potensi pangan mengingat Indonesia adalah negara agraris terbesar di dunia. Ibaratnya kata lagu Koes Plus, Tongkat Kayu dan Batu Bisa Jadi Tanaman.

Acara Pameran Ekonomi Gotong Royong akan berlangsung pada Sabtu 16 Desember hingga hari Minggunya, 17 Desember 2017. Selain pameran, ada workshopnya buat nambah-nambah ilmu kita dalam menjalankan usaha. Yuk dateng ke Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

VIDEO PILIHAN