Mohon tunggu...
Kartika E.H.
Kartika E.H. Mohon Tunggu... Wiraswasta - 2020 Best in Citizen Journalism

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Koleksi "Perangko Definitif" Presiden Soeharto Series dan Kenanganku Dengannya

31 Januari 2024   22:35 Diperbarui: 1 Februari 2024   13:38 247
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perangko Definitif Bergambar Presiden Soeharto cetakan 1970-1980 | @kaekaha

Dari kecil, saya memang paling hobi mengumpulkan benda-benda apa saja yang menurut saya unik dan menarik. Baru, setelah menginjak remaja, saya mulai mempertimbangkan nilai manfaat dan nilai historinya bagi saya.

Salah satu benda yang saya kumpulkan secara serius sejak saya usia SD di era 80-an adalah perangko. Tahu perangko kan!?

Baca Juga Yuk! Het Paradijs Van Java, Menjelajah Surga Sumedang Lewat Buku

Saya suka, hingga akhirnya serius mengumpulkan perangko, awalnya lebih karena tertarik dengan warna-warni gambar-gambarnya yang menarik dengan temanya yang beragam. Itu saja!

Mungkin ketertarikan saya pada warna-warni gradasi warna pada perangko ini, juga berkaitan dengan status saya sebagai penyintas buta warna yang secara alami memang lebih bisa menikmati warna yang full colour daripada monokrom.

Perangko Definitif Bergambar Presiden Soeharto cetakan 1980-an | @kaekaha 
Perangko Definitif Bergambar Presiden Soeharto cetakan 1980-an | @kaekaha 

Tapi karena pada dasarnya saya  paling hobi membaca, ketidaksengajaan saya membaca dan memperhatikan lebih detail isi keterangan dalam gambar perangko-perangko yang saya miliki. Eh... Kok menarik ya!

Ternyata dari sekeping perangko yang dicetak itu, terdapat informasi bermanfaat terkait banyak hal. 

Bisa sejarah, pembangunan, olahraga, pendidikan, keagamaan, tradisi dan kebudayaan, ekonomi, politik, hubungan internasional sampai keragaman flora dan fauna.

Perangko Definitif Bergambar Presiden Soeharto cetakan 1980-an | @kaekaha
Perangko Definitif Bergambar Presiden Soeharto cetakan 1980-an | @kaekaha

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun