Mohon tunggu...
kaekaha
kaekaha Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lakian Matan Banjar

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

"Nameset Beraksara Tionghoa" Pesan Imlek di Jersey Paris Saint-Germain

29 Januari 2022   14:39 Diperbarui: 29 Januari 2022   16:07 312 21 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ada yang berbeda pada penampilan squad Paris Saint-Germain (PSG) saat mencukur Stade de Reims dengan 4 gol tanpa balas di Parc des Princes, kandang PSG dalam lanjutan pekan ke-22 Ligue 1, Senin (24/1) dini hari WIB. 

Semua mata penikmat bola yang menyaksikan pertandingan saat itu, disuguhi tampilian unik dari jersey  kandang  Les Parisiens yang lain dari biasanya, khususnya pada nameset para pemain yang terletak diatas nomor punggung masing-masing.

Ander Herrera, Kehrer, lionel Messi dkk | psg.fr
Ander Herrera, Kehrer, lionel Messi dkk | psg.fr

Nama-nama seperti Ángel Di María, Marco Verratti, Sergio Ramos, Kylian Mbappé, Mauro Icardi  sampai sang mega bintang Lionel Messi yang pada pertandingan ini juga tidak masuk dalam starting eleven, semuanya tertulis unik dengan menggunakan huruf Tionghoa.

Dari laman resmi klub juga didapatkan beberapa dokumentasi situasi ruang ganti, sebelum pertandingan melawan RC Reims, termasuk jersey para pemain yang tampak jelas nameset-nya bertuliskan aksara Tionghoa. Sayang, saya sama sekali tidak bisa membacanya! Tapi kira-kira Sergio Ramos, Marco Verrati, Lionel Messi dan lain-lainnya bisa baca ga ya? 

Jersey Pemain di Ruang Ganti | psg.fr
Jersey Pemain di Ruang Ganti | psg.fr

Bisa ditebak, penulisan nama punggung Keylor Navas dan kawan-kawan dengan huruf Tionghoa, pasti terkait erat dengan euforia perayaan Imlek atau tahun baru China yang jatuh pada tanggal 1 Pebruari nanti yang pastinya akan dirayakan oleh masyarakat China beserta diasporanya di seluruh dunia.

Ada hubungan apa antara PSG dengan negeri China? Desain jersey dengan nameset menggunakan huruf Tionghoa seperti yang dipakai saat melumat Stade de Reims, jelas bukan untuk gaya-gayaan semata! 

 


Semua pasti ada maksud dan tujuannya, apalagi beberapa hari sebelumnya, Instagram resmi klub mengunggah foto Nasser Al-Khelaïfi pemilik PSG dengan dutabesar China untuk Prancis yang tampak sama-sama memegang jersey nomor 30 milik Lionel Messi dengan nameset huruf Tionghoa.

Desain khusus jersey dengan nameset pemain menggunakan huruf Tionghoa dalam rangka menyambut tahun baru Imlek, sebenarnya bukanlah yang pertama dipakai squad PSG dalam sebuah pertandingan resmi, karena sejak menjelang Imlek di tahun 2018 silam, nama-nama pemain  Les Parisiens-pun telah tercetak dengan huruf Tionghoa di jersey masing-masing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan