Mohon tunggu...
MOH  FARHAN
MOH FARHAN Mohon Tunggu... mahasiswa iain jember

mahasiswa iain jember

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

3 Cara Membuat Suasana Kelas yang Kondusif untuk Belajar

31 Maret 2020   20:31 Diperbarui: 31 Maret 2020   20:26 223 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Cara Membuat Suasana Kelas yang Kondusif untuk Belajar
sumber : duniapendidikan.co.id

Seorang guru seperti yang kita tahu pastinya memiliki tugas untuk mengajar peserta didiknya dan membuatya memahami ilmu yang kita ajarkan kepadanya. Namun di samping itu sebagai seorang guru (pendidik) kita juga perlu untuk membuat sesuatu yang berbeda dalam hal belajar mengajar.

Kenapa harus sesuatu yang beda, kenapa gak kayak yang biasa aja? Heii sekarang saya tanya jika kalian sekolah dan guru kalian hanya menjelaskan di depan tanpa ada sedikitpun variasi mendidik saat dia mengajar di kelas apa kalian tidak bosan, yakin kalian gk bakalan ngantuk.?

Oleh karena itulah kenapa guru sebagai seorang pendidik harus dan bahkan wajib mencari variasi metode mengajar yang lebih baik dan tidak membosankan tentunya, kenapa? Karena sebaik apapun seorang guru mengajar di kelas gak berguna jika muridnya pada bosen dan bahkan malah ketiduran di pojok belakang kelas (pengalaman pribadi) wkwkwk.

Nah yang saya maksud dengan variasi metode mengajar disini adalah sesekali cobalah untuk tidak selalu membahas pelajaran tetapi buatlah suasana kelas yang tadinya serius dengan pelajaran yang diajarkan menjadi lebih santai dan tidak monoton. Nah bagaimana caranya?

1. Miliki sifat humoris. 

Sekarang pertanyaannya siapa sih yang gk suka sama guru yang lucu dan bisa bikin ketawa.  Selain bisa membuat suasana kelas menjadi nyaman dan tidak monoton, ternyata hal ini juga mampu membuat hubungan siswa dan guru menjadi lebih dekat. Nah semakin murid merasa dekat dengan gurunya maka, akan lebih mudah bagi murid tersebut untuk memahami apa yang diajarkan kepadanya.

2. Berikan perhatian yang sama pada semua siswa.

Terkadang seorang guru hanya memperhatikan siswa yang pintar saja di kelas sementara yang notabenenya bodoh? Malah diabaikan, nah sikap seperti itulah yang terkadang membuat siswa merasa di kucilkan dan akhirnya bukan tidak mungkin dia bisa membenci guru tersebut serta  membuat onar di kelas. Nah itulah mengapa penting bagi seorang pendidik memperhatikan semua siswanya tanpa ada sedikitpun unsur membedakan.

3. Perbanyak interaksi dengan memancing ide siswa.

Dalam sebuah kelas tentu tidak hanya di butuhkan guru yang mengajar dan berpendapat tetapi juga harus ada peran siswa untuk menyalurkan ide mereka. Nah disitulah tugas seorang guru sebagai pendidik untuk mempercayai kemampuan masing-masing anak serta memacu mereka untuk berani berpendapat, kita juga harus menghargai pendapat mereka meskipun ada yang salah atau bahkan kurang tepat, dengan catatan kita harus memberi pendapat yang benar dan memberi sugesti seperti "tak apa jika jawabanmu salah yang penting kamu hebat karena sudah berani mecoba" terkadang hal itulah yang membangunkan motivasi pada setiap peserta didik.

VIDEO PILIHAN