Mohon tunggu...
Bayu Samudra
Bayu Samudra Mohon Tunggu... Penikmat Semesta

Secuil kisah dari pedesaan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Inilah Alasan Tak Tertulis Mengapa Kamu Tidak Lulus SBMPTN 2021, Bukan Soal Giat Belajar, tapi....

14 Juni 2021   23:20 Diperbarui: 15 Juni 2021   03:03 213 21 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Alasan Tak Tertulis Mengapa Kamu Tidak Lulus SBMPTN 2021, Bukan Soal Giat Belajar, tapi....
Kebahagiaan calon mahasiswa yang dinyatakan lulus sbmptn 2021 (foto dari edukasi.kompas.com)

Sudah cek pengumuman sbmptn 2021? Bagaimana hasil yang kamu dapatkan?

Hari ini (Senin, 14 Juni 2021), bertepatan dengan pengumuman hasil tes seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. Sebagaimana hasil tersebut sudah dapat diperiksa sejak pukul tiga sore tadi.

Saya berpesan bagi kamu yang masih takut untuk memeriksa hasil ujian tes berbasis komputer dalam pelaksanaan sbmptn 2021, agar menyiapkan mental yang kuat, menyiagakan sapu tangan bahkan tisu, sebab saya khawatir hasilnya diluar ekspektasi kamu.

Bagi kamu yang dinyatakan lulus sbmptn 2021, sungguh sangat bahagia. Sebab bukan perkara mudah untuk menjadi salah satu peserta sbmptn yang berhasil keluar dari saringan yang sangat ketat itu. Hanya sekitar 20-an persen dari ratusan ribu peserta sbmptn 2021.

Terkhusus kamu yang dinyatakan tidak lulus sbmptn 2021, tetap tenang dan tegar. Saya tahu betul perasaan dan pikiran kamu, sebab saya pun pernah merasakan hal itu dua kali. Sakit, iya sakit, tapi tak berdarah. Mungkin karena sakit yang tak menimbulkan luka fisik ini yang menyebabkan kenyataan pahit itu selalu teringat.

Jangan buat kamu menderita akibat hasil pengumuman yang mengecewakan, misalnya melukai diri sendiri, menghardik diri sendiri, bahkan menyalahkan orang lain. Semua tindakanmu itu keliru dan tidaklah pantas dilakukan oleh seorang lulusan yang berpendidikan.

Apa pun yang keluar (tertulis) pada laman pengumuman sbmptn 2021, itulah hasilnya. Harus diterima dengan lapang dada, logowo. Tetap berpikir positif, pasti ada hikmah dari kegagalan lulus sbmptn 2021. Siapa tahu diterima di sekolah kedinasan? Siapa sangka lulus tes masuk perguruan tinggi luar negeri?

Sejatinya ada banyak asalan mengapa kamu tidak lulus sbmptn 2021, seperti kurang percaya diri, tidak optimis dalam menentukan jawaban setiap butir soal, kurang teliti dalam menafsirkan pertanyaan pada soal utbk sbmptn, bahkan terlambat masuk ke ruang tes utbk hingga tertinggalnya kartu peserta tes di jok sepeda motor.

Alasan-alasan teknis tersebut mampu membuat diri kamu menjadi grogi, banyak tekanan, dan membuat sebagian materi pembelajaran yang dipelajari terbang kesana-kemari. Jadi, kamu seakan tidak puas dalam menjawab soal dan berpikiran bahwa kamu pasti gagal.

Nyatanya, ada satu alasan yang menjadi penyumbang utama kegagalan kamu dalam kompetisi tes sbmptn 2021. Inilah alasan tak tertulis tidak lulus sbmptn 2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN