Mohon tunggu...
Juwita AF
Juwita AF Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Gagal Akses Portal CPNS 2018? Kamu Harus Mencoba Tips Ini

27 September 2018   13:00 Diperbarui: 27 September 2018   13:30 371
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Selamat pagi CPNS Indonesia, semoga hari ini teman-teman dalam keadaan sehat dan tetap semangat. Well, kalau menyebut "CPNS" reaksi sebagian besar orang yang saya temui sangat antusias. Yaaa, emang bener, bahkan berita-berita media online yang membahas tentang CPNS mampu menjadi berita terpopuler di masing-masing portal tersebut.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan menjadi PNS, untuk mendaftar saja, banyak masyarakat yang mengeluh tentang sistem penerimaan CPNS 2018. Bahkan di twitter BKN Indonesia penuh dengan beragam pertanyaan, mulai dari keresahan Instansi yang belum kunjung tersedia, formasi dari masing-masing instansi yang berbeda, hingga yang paling banyak adalah tidak dapat mengakses sscn.bkn.go.id dengan lancar. 

Sekedar berbagi pengalaman, saya mengikuti perkembangan pengumuman CPNS dari BKN sejak Juni 2018, hingga BKN resmi membuka portal sscn.bkn.go.id pada 19 September 2018 pukul 13.00 WIB. Pada tanggal tersebut saya coba mengakses sscn.bkn.go.id pada pukul 16.00 WIB dan tentunya saya berada di wilayah WIB.

Saat itu saya belum dapat melihat apapun di sscn.bkn.go.id karena browser saya hanya loading terus menerus dan tidak bisa masuk. Saya mencoba lagi pukul 00.00 WIB dan ternyata dapat diakses dengan lancar. Pada waktu itu saya mencoba registrasi ternyata yang keluar adalah gambar "Coming Soon".

Lalu saya beralih ke twitter BKN Indonesia untuk melihat informasi selanjutnya, ternyata sscn.bkn.go.id dibuka hanya untuk melihat formasi instansi yang ingin dibidik. Selanjutnya, sekitar tanggal 21 atau 22 September 2018, saya coba mengakses sscn.bkn.go.id pada pagi hari jam kerja sekitar pukul 09.00 WIB.

Apa yang saya dapat? Saya hanya bisa membuka sscn.bkn.go.id dan tidak bisa mengakses page lowongan. "Okay, trafficnya sedang padat" begitu pendapat saya. Saya coba mengakses sscn.bkn.go.id lagi sekitar pukul 00.00 WIB, dan lagi lagi semuanya berjalan dengan baik tanpa masalah apapun. 


Sekedar tips bagi teman-teman yang ingin mengakses sscn.bkn.go.id tanpa kendala apapun, berdasarkan pengalaman saya, cobalah mengakses sscn.bkn.go.id mulai pukul 00.00 WIB.

Eits, tunggu dulu, ada hal krusial yang harus teman-teman perhatikan di sini (menurut saya). Indonesia terbagi menjadi 3 pembagian waktu, yakni WIB, WITA, dan WIT. Kenapa harus memperhatikan hal tersebut? Coba perhatikan gambar di bawah ini.

Saya coba mengakses Badan Pusat Statistik Indonesia untuk mengetahui berapa jumlah penduduk di wilayah WIB, WITA, dan WIT. WIB adalah wilayah pulau Sumatera, pulau Jawa, dan KALBAR serta KALTENG dengan jumlah total penduduk pada tahun 2015 sekitar 207 juta. Lalu di WITA terdapat pulau Bali dan Nusa Tenggara, pulau Sulawesi, dan KALTIM serta KALSEL dengan jumlah total penduduk pada tahun 2015 sekitar 40 juta. WIT terdiri atas wilayah Kep. Maluku dan Papua dengan jumlah total penduduk pada tahun 2015 sekitar 6 juta.

Jadi, sudah terbayangkan jika asumsi yang mengakses sscn.bkn.go.id adalah jumlah penduduk tersebut, maka pada jam kerja antriannya sangat padat. Oleh karena itu, cari lah waktu yang sekiranya antrian pengaksesan sscn.bkn.go.id tidak terlalu padat dengan memperhatikan waktu di wilayah teman-teman. 

Saya berada di WIB saat mengakses sscn.bkn.go.id pada pukul 00.00 sangat lancar karena di wilayah WITA dan WIT sudah larut malam dan di wilayah WIB sendiri antriannya sudah menurun. Berdasarkan pengalaman saya, mengakses sscn.bkn.go.id di WIB mulai lancar sekitar pukul 00.00 hingga pukul 06.00. Jadi, saran saya untuk teman-teman yang berada di WITA, cobalah mengakses sscn.bkn.go.id mulai pukul 01.00 hingga pukul 07.00. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun