Mohon tunggu...
Rania Wahyono
Rania Wahyono Mohon Tunggu... Wiraswasta - Freelancer

Mencari guru sejati

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

"Life Skill" yang Harus Dimiliki Saat Ini

5 Juni 2024   09:16 Diperbarui: 5 Juni 2024   18:20 756
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Basic life skill untuk menghadapi tantangan kehidupan. Foto:pexels.com/Oleksandr P

Life skill atau keterampilan hidup adalah kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi berbagai situasi serta tantangan di setiap aspek kehidupan yang dapat membantu seseorang untuk berkembang. Baik itu dalam menyelesaikan tugas sehari-hari atau menghadapi suatu perubahan besar dalam hidup.

Menguasai keterampilan hidup di tempat kerja, sekolah hingga di lingkungan masyarakat akan membuat kita mampu menangani berbagai hal dengan baik. 

Mulai dari cara berinteraksi dengan orang lain, mengambil keputusan hingga mengelola emosi, termasuk ketrampilan dasar seperti memasak, bersih-bersih dan paham tehnologi.

Sayangnya beberapa ketrampilan hidup tidak diajarkan di sekolah-sekolah, oleh karena itu kitalah yang harus mencari dan selalu meng-upgrade ketrampilan hidup pada berapapun pun usia dan tahap kehidupan kita.

Mempelajari beberapa ketrampilan hidup dapat memberikan dampak jangka panjang yang dapat mengubah kehidupan yang nantinya akan berdampak pula pada masa depan.

Critical thinking dan problem solving merupakan salah satu life skill yang harus dimiliki di setiap aspek kehidupan. Foto:pexels.com/fauxels
Critical thinking dan problem solving merupakan salah satu life skill yang harus dimiliki di setiap aspek kehidupan. Foto:pexels.com/fauxels

Beberapa life skill yang harus dimiliki saat ini diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kemampuan Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir secara logis dan rasional, menganalisis informasi secara objektif, dan membuat keputusan berdasarkan bukti, logika dan alasan yang kuat. Berpikir kritis membantu kita dalam mengambil keputusan yang lebih baik dan menghindari kesalahan dan penilaian yang terburu-buru.

Seorang pemikir kritis akan menganalisis relevansi suatu gagasan dan asumsi, menentukan mengapa seseorang memiliki sudut pandang atau pendapat tertentu sehingga tidak mudah untuk menghakimi seseorang dan mau menerima perbedaan perspektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun