Mohon tunggu...
Jusuf Kristianto
Jusuf Kristianto Mohon Tunggu...

Saya seorang Dosen, peneliti, yang juga seorang dokter.alumni dari Universitas Indonesia, mempunyai kesempatan mengambil masterdegree dibidang HRD,Hospital Marketing, Quality Improvement seorang pemerhati kesehatan khususnya Mutu Pelayanan Kesehatan di Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengobatan Sariawan Dengan Cara Herbal

4 Juni 2014   06:37 Diperbarui: 23 Juni 2015   21:43 53 0 0 Mohon Tunggu...

Pada 17 Mei 2014, sejak pk 09.30, penulis sudah berada di The Cone - FX Lifestyle Center Lantai 7, Jl. Jenderal Sudirman

Untuk mengikuti Acara Nangkring Bareng Deltomed ini sudah diagendakan dalam acara Kompasiana Nangkring.

Peserta yang hadir adalah yang telah lolos seleksi membuat artikel mengenai sariawan

Acara dimulai dibawakan dengan meriah oleh MC, mbak Veve Adeline, dari genFM

Sambutan

Diawali oleh Sambutan dr CEO PT Deltomed Laboratories, bapak Mulyo Rahardjo yang diwakili oleh pak Drs. Nyoto Wardoyo, Apt mengatakan “Deltomed sebagai perusahaan farmasi nasional berbasis herbal yang sudah berkarya sejak 35 tahun, konsisten mengembangkan obat herbal produksi Indonesia”.

Selanjutnya diisi dengan jabaran mengenai sariawan

Stomatitis Aphthosa

oleh Dokter ahli penyakit mulut yaitu Dr drg Dewi Priandini sp M.“Sariawan tidak boleh diremehkan, karena rongga mulut adalah cermin awal jika ada kelainan pada tubuh kita, dapat mengganggu kualitas hidup penderitanya. Sariawan dalam bahasa kedokteran disebut stomatitis aphthosa recurrent ( SAR) yaitu peradangan mulut yang menyebabkan rasa sakit saat makan, menelan, atau berbicara.

Penyebabnya belum diketahui pasti.

Penyebab lokal, seperti alergi, trauma, makanan atau minuman, genetik, mikroorganisme (jamur dan bakteri, dan virus.

Penyebab sistemik, seperti penyakit diabetes militus, penurunan daya tahan tubuh, kekurangan nutrisi (zat besi, asam folat, vitamin B-12, dan B kompleks), stress (dapat menyebabkan turunnya kadar hormon dan berkurangnya jumlah air liur), dan keseimbangan hormonal pada wanita”.

Pegobatan yang ampuh dengan mengurangi faktor pecentus terjadinya sariawan. Pengobatan biasanya hanya untuk mengurangi sakit, mempercepat penyembuhan, menghilangkan peradangan, dan mencegah berulangnya sariawan.

Perawatan tambahan berupa, pola makan , obat kumur, pengendalian stress, istirahat yang cukup.

Penanganan sariawan dengan cara herbal.

Dr Abrijanto SB,MSi ( Dokter dan Magister Herbal Medicine)Business Development Manager PT Deltomed.“Panas dalam sering menjadi keluhan berupa sariawan, sakit tenggorokan , perut tidak nyaman, susah buang air”.Beliau mengawali dengan pernyataan bahwa saat ini konsumsi obat herbal sudah turun temurun pada masyarakat Indonesia.

Ia menjelaskan kandungan herbal dalam kuldon sariawan/tablet sebagai berikut, daun saga manis sebagai anti radang dan penurun panas; 420mg (ada di berbagai daerah Indonesia), Licorice sebagai pemanis alami yang mengurangi peradangan ; 280mg , bunga seruni/krisan sebagai anti kuman yang juga mengobati gangguan saluran pencernaan dan pernafasan; 280mg,dan alang-alang sebagai penurun demam atau anti piretik 208mg.

Pembuatan Herbal yang baik dan benar

Drs. Nyoto Wardoyo, Apt, President Direktur PT Deltomed Laboratories menjelasan mengenai Standarisasi proses pengolahan tanaman herbal menjadi obat herbal. Kuldon sariawan melalui pemeriksaan mutu berdasarkan simplisia, yaitu sesuai Farmakope Herbal Indonesia.

Produk Deltomed ini juga berdasarkan sertifikat cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB).

Ekstrak (uji fisik senyawa/organoleptis, kadar air, mikrobiologi, dan identifikasi) serta tablet (organoleptis, kadar air,waktu alis, bulk densitu, keseragaman bobot, waktu hancur, friability, mikrobiologi, kandungan zat aktif)

Prosesnya mulai dari storage/penyimpanan, ekstraksi/pembuatan ekstrak, evaporasi/pengentalan, mixing/pencampuran, vacuum/ penghampaan (pengeringan), tableting/pembuatan tablet, hingga pada packaging/pengemasan.

Sebagai bukti sistem manajemen mutu yang berkelanjutan kuldon sariawan, juga memiliki sertifikat halal, ISO 9001-2008 untuk menjamin kualitas produk, serta sertifikat cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB).

Dalam acara nangkring bareng ini juga ada sesi tanya jawab menanyakan mengenai penamaan Kuldon Sariawan, dari bahasa Jawakah? Ini sungguh bernilai filosofis dan dijawab oleh Pak Nyoto bahwa penamaan ini karena kuldon asalnya dari kata Cooling Down, artinya meredakan panas dalam dan sariawan.

Acara nangkring bareng juga disertai games ‘Golden Ticket Hunt” peserta tweet terbanyak dapat mengikuti acara ke solo, tanpa perlu membuat tulisan lagi. Untuk tweet terbanyak dimenangkan oleh Pak Dzulfikar Alala dan berhak ke Solo

Acara games pick your herbal sungguh membuat suasana menjadi hidup dan bersemangat. Pemenang games pick your herbal adalah kelompok Kuldon

Disusul dengan Game berikut “Puzzle Time” pembuatan puzzle dimana pemenangnya adalah yang tercepat dalam menyusun puzzle dan melakukan kerjasama team dengan melakukan barter dengan kelompok lainnya. Games ini dimenangkan oleh kelompok Lengser.

Kedua kelompok pemenang mendapatkan goodie bag dan payung cantik dari Kuldon Deltomed.Acara puncak adalah doorprize. Ada 3 doorprize masing berupa Android Samsung.Acara diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta dan panitia dan diakhiri oleh makan siang bersama.

VIDEO PILIHAN