Mohon tunggu...
irvan sjafari
irvan sjafari Mohon Tunggu... Jurnalis - penjelajah

Saat ini bekerja di beberapa majalah dan pernah bekerja di sejumlah media sejak 1994. Berminat pada sejarah lokal, lingkungan hidup, film dan kebudayaan populer.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Maraknya Konser Selama 2023, Bandung Jadi Kota Musik?

16 Desember 2023   18:59 Diperbarui: 16 Desember 2023   19:23 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sebuah konser di Cimahi-Foto: Irvan Sjafari

Saya terkejut ketika riset iseng yang saya lakukan menunjukkan sejak Juli hingga Desember 2023 sekira 60 event, gigs, konser musik berlangsung di kawasan Bandung dan sekitarnya. Itu angka yang terlacak karena ada dihimpun dari berbagai sumber  yang memuat daftar konser. 

Bagaimana kalau ditambah yang tidak terpublikasi konser atau gigs yang penontonnya hanya ratusan,  mempertahankan ciri khas gigs di Bandung sebelum pandemi?

Capaian itu dua kali lipat dari  jumlah event Januari hingga Juni 2023,  yang bisa jadi  menandakan bahwa kehidupan musik sudah pulih pasca pandemi. 

Bandung Kota Musik lahir kembali. 

Jumlah itu mengingatkan  riset yang saya lakukan untuk tulisan:  Bandung Kota Musik Tanpa Deklarasi 

Dalam tulisan itu saya mencatat Januari hingga Juni 2016 event musik lebih dari 50 event. Kalau pun saya lakukan riset lanjutan jumlahnya saya prediksi sekitar 100 event, termasuk pensi SMA yang mengundang musisi kondang.

Pada tahun sebelumnya Januari hingga Desember 2015 saja jumlah yang saya data sekitar 150 acara musik. Jumlah ini menurut data yang saya dapatkan puncak dari geliat musik di Bandung karena artinya setiap bulan lebih dari 10 event.

Saya menambahkan update  untuk sementara data yang saya dapatkan jumlah event musik pada 2017 di kawasan Bandung dan sekitarnya berkisar puluhan saja, tidak mencapai 100 event.

Kesimpulan kalau dari jumlah event musik dan konser dari beragam genre Bandung telah kembali menjadi "kota musik"  pasca dua tahun pandemi.

Salah satu acara yang menarik ialah Atma Asta Reinerva yang digelar oleh SMAN 8 Bandung
di Lapangan Pussenif, Bandung pada 14 Oktober 2023.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun