Mohon tunggu...
M Irfan Ramadhan
M Irfan Ramadhan Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Nama saya M. Irfan Ramadhan, dan saya adalah seorang mahasiswa yang bersemangat di bidang teknologi informasi. Saya adalah orang yang kadang-kadang ceria, tetapi pada banyak kesempatan saya sangat serius, terutama dalam hal belajar dan menggali lebih dalam tentang IT. Saya memiliki sifat yang sangat pemikir dan sedikit kreatif, yang membantu saya dalam menghadapi masalah teknis dengan solusi yang inovatif. Minat saya terutama adalah belajar lebih banyak tentang teknologi informasi, dan saya selalu berusaha untuk mengaplikasikan pengetahuan saya dalam projek atau dalam situasi praktis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Karya Kreatif dengan Aplikasi Canva di SMP YP. Bank Dagang Negara oleh Mahasiswa Universitas Pamulang

25 Mei 2024   13:30 Diperbarui: 25 Mei 2024   13:30 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gedung Sekolah SMP YP. Bank Dagang Negara (Dok. pribadi)

Pada era digital ini, integrasi teknologi dalam pendidikan menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik. Salah satu inisiatif yang diambil oleh mahasiswa Universitas Pamulang adalah melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi Canva untuk siswa SMP YP. Bank Dagang Negara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kreatif dan teknologi siswa melalui penggunaan aplikasi desain grafis yang user-friendly.

Latar Belakang

Pendidikan di Indonesia sedang mengalami transformasi besar dengan cepatnya perkembangan teknologi. SMP YP. Bank Dagang Negara berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui teknologi. Namun, seperti banyak sekolah lainnya, terdapat tantangan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum sehari-hari.

Tujuan Kegiatan

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk:

  1. Mengintegrasikan Teknologi dalam Pembelajaran: Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penggunaan aplikasi Canva.
  2. Meningkatkan Keterampilan Teknologi: Membantu siswa dan guru memahami dan menggunakan alat teknologi pendidikan.
  3. Meningkatkan Motivasi Siswa: Menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik untuk meningkatkan keterlibatan siswa.

Metode Pelaksanaan

Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahap:

  1. Persiapan dan Perizinan: Mahasiswa menyiapkan proposal dan surat izin yang kemudian diserahkan kepada pihak sekolah.
  2. Pengembangan Materi: Menyusun materi sosialisasi dan mempersiapkan alat-alat yang diperlukan seperti komputer dan proyektor.
  3. Pelaksanaan Sosialisasi: Menyampaikan materi kepada siswa, diikuti dengan sesi tanya jawab dan praktek langsung menggunakan aplikasi Canva.
  4. Monitoring dan Evaluasi: Melakukan pemantauan selama kegiatan berlangsung dan evaluasi akhir untuk menilai efektivitas sosialisasi.

Pembukaan acara oleh ketua kelompok PKM (Dok. pribadi)
Pembukaan acara oleh ketua kelompok PKM (Dok. pribadi)

Pembawaan materi sosialisasi (Dok. pribadi)
Pembawaan materi sosialisasi (Dok. pribadi)

Pemberian hadiah kepada peserta sosialisasi (Dok. pribadi)
Pemberian hadiah kepada peserta sosialisasi (Dok. pribadi)

Pemberian Plakat Kepada SMP YP. Bank Dagang Negara (Dok. pribadi)
Pemberian Plakat Kepada SMP YP. Bank Dagang Negara (Dok. pribadi)
Pelaksana Kegiatan


Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Pamulang dari Program Studi Teknik Informatika:

  • Abdullah (Ketua Pelaksana)
  • Rian Dede Irawan
  • M. Irfan Ramadhan
  • Kurniawan Putra Adit. Y
  • Muhhamad Tristianto
  • Putra Johan Pramesta
  • Fahmi Tri Hapsoro
  • Zuhal
  • Yudhistira Abdi Saputra

Lokasi dan Waktu Pelaksanaan

  • Lokasi: SMP YP. Bank Dagang Negara, Jl. Komp. Bank Mandiri Wijaya Kusuma, Kec. Grogol, Petamburan, Kota Jakarta Barat, Prov. DKI Jakarta.
  • Tanggal: Rabu, 8 Mei 2024

Manfaat Kegiatan

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa dan guru di SMP YP. Bank Dagang Negara, seperti:

  • Meningkatkan Keterampilan Kreatif: Siswa dapat menggunakan aplikasi Canva untuk membuat karya kreatif yang mendukung pembelajaran mereka.
  • Memperkenalkan Teknologi Pendidikan: Guru dan siswa menjadi lebih familiar dengan teknologi yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
  • Meningkatkan Partisipasi Siswa: Kegiatan yang interaktif dan menarik diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.

(Dok. pribadi)
(Dok. pribadi)

Mahasiswa Universitas Pamulang Dan Kepala Sekolah SMP YP. Bank Dagang Negara (Dok. pribadi)
Mahasiswa Universitas Pamulang Dan Kepala Sekolah SMP YP. Bank Dagang Negara (Dok. pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun