Mohon tunggu...
Junjung Widagdo
Junjung Widagdo Mohon Tunggu... Guru - Guru SMAN 1 METRO, LAMPUNG

Untuk saat ini menulis

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Mencegah Perundungan: Lima Kunci Mendidik Anak yang Tangguh

8 Oktober 2023   21:50 Diperbarui: 11 Oktober 2023   22:09 522
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi perundungan | sumber: shutterstock via kompas.com

Indonesia saat ini menghadapi tantangan yang serius, yaitu darurat perundungan. Fenomena perundungan telah menyebar dan memengaruhi banyak aspek kehidupan anak-anak di negara ini. Sebagai orang tua yang merasa prihatin dengan kondisi ini, saya ingin berbicara tentang pentingnya membentuk karakter anak-anak kita agar mereka terbebas dari pelaku perundungan. 

Perundungan bukan hanya masalah sekolah atau lingkungan sekitar anak-anak kita, tetapi juga masalah sosial yang harus kita hadapi bersama sebagai masyarakat. 

Pengalaman dalam peran saya sebagai orang tua telah membuktikan bahwa ada prinsip-prinsip penting yang, jika diterapkan dengan benar, dapat membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang lebih kuat, percaya diri, dan peduli terhadap orang lain. 

Dari pengamatan lingkungan dan terinspirasi oleh salah satu murid kami yang mampu melawan perundungan, penulis menyadari bahwa ada kondisi tertentu yang rentan membuat anak menjadi korban perundungan. 

Dari pemahaman tentang kondisi ini, penulis menerapkan berbagai langkah dalam asuhan anak-anak penulis untuk memastikan mereka terbebas dari perundungan, karena perundungan adalah masalah mental, bukan sekadar masalah niat dari pelaku.

Sumber gambar: KOMPAS.id
Sumber gambar: KOMPAS.id

Dalam opini ini, mari kita membahas lima prinsip ini dengan lebih mendalam dan melihat bagaimana mereka dapat menjadi fondasi yang kuat dalam mencegah perundungan dan membentuk karakter yang anti perundungan pada anak-anak. 

Saya percaya bahwa melalui pemahaman bersama tentang pentingnya mendidik anak-anak kita secara benar, kita dapat membantu Indonesia mengatasi darurat perundungan ini dan memberikan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang. 

Pertama, Mengikutkan Anak dalam Berbagai Kegiatan

Dengan cara ini, mereka akan lebih mampu menghadapi tekanan sosial dan tidak akan mudah diidentifikasi sebagai "freak" yang rentan menjadi sasaran perundungan.

Sejak mulai memasuki usia sekolah, saya dan istri telah menjadikan sebuah prinsip sebagai pedoman dalam mendidik anak-anak kami mengasah mental dan karakter anak adalah tugas penting yang harus dilakukan oleh orang tua. Salah satu cara terbaik yang kami temukan untuk mencapai hal ini adalah dengan mengikutkan anak dalam berbagai kegiatan. 

Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, seperti olahraga, seni, atau bergabung dalam klub sosial, telah menjadi wadah yang berharga bagi anak-anak kami untuk mengembangkan minat dan keterampilan baru. Tapi yang lebih penting lagi, kegiatan-kegiatan ini telah membantu mereka memperluas jaringan sosial mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun