Mohon tunggu...
Junimarlinda Rambe
Junimarlinda Rambe Mohon Tunggu... Guru - Belajar dan terus belajar

Berbagi itu indah. https://rambejunimarlinda85.blogspot.com.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pentingnya Bersikap Tenang, Tidak Terburu-buru

9 Maret 2021   15:48 Diperbarui: 9 Maret 2021   16:31 2502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di dalam Islam, sikap tenang (AT TA'ANNIY) adalah salah satu sikap mulia atau terpuji. Ketenangan ini BERASAL DARI ALLAH dan hanya dimiliki oleh orang-orang yang beriman.

Allah SWT berfirman :

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, maka telitilah dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan "salam" kepadamu : "Kamu bukan seorang mukmin" (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari harta benda kehidupan di dunia, karena di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu, lalu Allah menganugerahkan nikmat-Nya atas kamu, Maka telitilah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Surah An-Nisaa : 94).

Sikap tenang juga merupakan salah satu SIKAP YANG DICINTAI ALLAH.

"Sesungguhnya padamu ada 2 perangai yang dicintai oleh Allah, yaitu lapang dada dan sikap tenang." (HR. Muslim)

Disebutkan dalam sebuah hadits, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

"Sikap tenang (ta'anny) datangnya dari Allah, dan sikap tergesa-gesa itu datangnya dari setan." (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqy [20767] dan dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani Rahimahullah dalam Shahiih Al-Jaami' [3011]).

Apabila kita terjatuh ke dalam sikap tergesa-gesa, ceroboh, kasar, dan suka meremehkan atau menganggap enteng segala sesuatu, pertanda jauhnya kita dari sikap tenang dan lemah lembut.

Dalam kondisi apapun, sikap tenang akan membantu seseorang untuk berfikir lebih jernih dan bertindak lebih tepat. Sebaliknya, sikap terburu-buru kebanyakannya memberikan hasil yang kurang baik.

Semoga kita semua bisa merubah perilaku kita menjadi lebih baik dan lebih tenang, mengamalkan dan mewujudkan sikap tenang dalam kehidupan kita sehari-hari.

Aamiin...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun