Mohon tunggu...
Junimarlinda Rambe
Junimarlinda Rambe Mohon Tunggu... Belajar dan terus belajar

Berbagi itu indah. https://rambejunimarlinda85.blogspot.com.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apa Tujuan Hidup Kita?

8 Februari 2021   16:32 Diperbarui: 10 Februari 2021   20:26 414 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Tujuan Hidup Kita?
Sumber gambar diolah dari canva.com

Manusia tidak diciptakan begitu saja tanpa adanya tujuan hidup.

Terkait pertanyaan apakah tujuan hidup kita di dunia sebagai seorang muslim?

Tujuan hidup kita sebagai seorang muslim ialah untuk beribadah.

Berikut ini adalah ayat yang menyebutkan kewajiban manusia untuk beribadah kepada Allah SWT

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku" (Qs Az zariyat : 56).

Allah telah menciptakan manusia dan binatang jin dan seluruh alam. mereka hanya mempunyai satu kewajiban yakni hanya menyembah Allah semata. Cara penyembahan mereka sangatlah beragam. Khususnya, manusia dan jin harus menyembah Allah sebagaimana dalam Al-Qur'an ayat-ayatnya.

Setiap orang yang mendalami Al-Qur'an dan mempelajari Sunnah tentu mengetahui bahwa puncak tujuan dan sasaran yang dilakukan orang Muslim yang diwujudkan pada dirinya dan diantara manusia ialah ibadah kepada Allah semata.

Ibadah ini beragam bentuknya tak hanya sholat dan tadarus melainkan menuntut ilmu, belajar, membantu orang tua, bersedekah juga termasuk ke dalam ibadah.

Beribadah dalam arti menyembah, mengabdi, menghamba, tunduk, tata dan patuh terhadap segala yang dikehendaki-Nya. Ketundukan, ketaatan dan kepatuhan dalam kerangka ibadah tersebut harus menyeluruh dan total, baik lahir maupun batin. Tujuan ibadah adalah untuk mencari ridha Allah SWT.

Ibadah merupakan bukti rasa syukur manusia kepada Allah SWT yang telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk dan dengan kemurahan Allah SWT memberikan fasilitas hidup. Sikap tersebut sudah seharusnya dimiliki oleh setiap manusia, apabila manusia mempunyai kesadaran akan hak itu. Lain halnya apabila manusia tidak mempunyai kesadaran untuk mensyukuri segala yang telah diberikan oleh Allah SWT, maka ia akan menjadi manusia yang tidak mau tunduk, tidak mau taat dan mengingkari Allah SWT dengan tidak mau beribadah kepada-Nya.

Walaupun kita bertanggungjawab dalam politik, ekonomi dan lain sebagainya. Tapi kita sebagai manusia mempunyai kewajiban yang besar untuk mengabdi kepada-Nya dari berbagai macam bidang dan posisi. Ini berarti bahwa kita harus bekerja dan berbuat hanya untuk Allah SWT semata. Maka tujuan hidup sebenarnya adalah hanya untuk Allah. Karena Dialah pencipta segala sesuatu di dunia ini. Dia yang memberikan berkah kepada kita. Maka sebagai ucapan rasa syukur kita kepada-Nya, kita mempunyai kewajiban untuk mengabdi kepada-Nya semata. Dialah satu-satunya Tuhan yang harus dipatuhi dan disembah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN