Mohon tunggu...
Jumriani Jumriani
Jumriani Jumriani Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Dosen Luar biasa/Wakil Kepala sekolah/Guru penggerak / Dosen LB di INTENS

Saya adalah guru yang senang berbagi hal hal yang positif, senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3

1 Maret 2024   16:50 Diperbarui: 1 Maret 2024   16:51 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

FACT (Peristiwa)

Pada hari Selasa tanggal 2 Mei 2023 saya mulai mengikuti membuka LMS modul 3.2. setelah mulai mengerjakan tugas mulai dari diri di tanggal yang sama saya mulai  berselancar di eksplorasu konsep Modul 3.2 Pemimpin dan pengelolaan sumber daya, dimodul ini kita diharapkan dapat memahami sekolah sebagai ekosistem, memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development/ABCD). serta dapat membedakan tujuh aset utama yang dimiliki lingkungan sekolahnya. 

Pada hari Kamis 4 Mei 2023 saya mengikuti ruang kolaboarasi sesi praktik di ruang ini kami terbagi dari 3 kelompok dan masing masing kelompok berdiskusi tentang aset yang dimiliki baik itu lingkup sekolah maupun lingkup kecamatan atau kabupaten. pada hari Jumat 5 Mei 2023 Kami kembali Ke Ruang Kolaborasi untuk mempresntasikan hasil diskusi kami di ruang kolaborasi sise diskusi.  

Pada hari Rabu tanggal 10 Mei 2023 saya mengikuti sesi elobrasi konsep bersama instruktur, dalam kegiatan ini kami bersama dengan teman teman CGP se kabupaten Kolaka Utara tidak bisa mengikuti dengan baik karena akses jaringan Telkomsel hilang. setelah lama saya pun berpikir untuk menggunakan jaringan indosat dan akhirnya saya bisa mengikuti kegiatan tersebut tapi tidak maksimal

 FEELINGS (PERASAAN)

Selama mempelajari modul 3.2 tentang  Pemimpin dan pengeolaan sumber daya saya merasa senang karena bagi saya materi ini sangat bermamfaat untuk saya, Materi pemimpin dan pengelolaan sumber daya dapat membantu saya sebagai guru dalam mengembangkan kemampuan kepemimpinan saya sebagai guru, seperti memotivasi siswa, mengarahkan mereka menuju tujuan, dan mengatasi masalah dengan efektif. 

sebagai guru dapat belajar bagaimana mengelola waktu dengan efektif, agar dapat memaksimalkan waktu yang tersedia untuk mengajar, mempersiapkan pelajaran, dan mengelola tugas-tugas lainnya. 

Di ruang Elaborasi saya begitu sangat bingung karena jaringan menghilang akan tetapi saya berusaha tenangkan diri dan berfikir apa yang bisa saya mamfaatkan agar saya bisa mengikuti sesi  ruang elaborasi dan akhirnya saya pun berpikir untuk menggunakan kartu indosat dan alhamdulillah akhirnya saya bisa login dan mengikuti sesi ruang eloborasi dengan baik. walau ada 6 orang teman saya dari Kolaka Utara yang tidak bisa login sama sekali.

Setelah mempelajari lebih dalam tentang pemimpin dan pengelolaan sumber daya, saya mendapat pelajaran bahwa :

  1. Dalam dunia pendidikan, guru sering berperan sebagai pemimpin di kelas atau di sekolah. Materi pemimpin dan pengelolaan sumber daya dapat membantu guru untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang keterampilan kepemimpinan dan cara-cara untuk memimpin siswa dan staf pendidikan. 

  2. Seorang guru yang efektif harus dapat mengelola kelas dengan baik, mengatasi masalah, dan membantu siswa meraih hasil yang maksimal. Materi pemimpin dan pengelolaan sumber daya dapat membantu guru untuk memahami teknik-teknik pengelolaan kelas yang efektif dan membantu mereka menciptakan lingkungan belajar yang positif. 

  3. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun