Mohon tunggu...
Jumari Haryadi Kohar
Jumari Haryadi Kohar Mohon Tunggu... Penulis, trainer, dan motivator

Jumari Haryadi atau biasa disebut J.Haryadi adalah seorang penulis, trainer kepenulisan, dan juga seorang motivator. Pria berdarah Kediri (Jawa Timur) dan Baturaja (Sumatera Selatan) ini memiliki hobi membaca, menulis, fotografi, dan traveling. Suami dari R.Yanty Heryanty ini memilih profesi sebagai penulis karena menulis adalah passion-nya. Bagi J.Haryadi, menulis sudah menyatu dalam jiwanya. Sehari saja tidak menulis, maka dirinya akan merasa ada sesuatu yang tidak lengkap. Oleh sebab itu pria berpostur tinggi 178 Cm ini akan selalu berusaha menulis setiap hari untuk memenuhi nutrisi jiwanya yang haus terhadap ilmu. Dunia menulis sudah dirintisnya secara profesional sejak 2007. Meskipun relatif belum lama, tetapi J.Haryadi sudah berhasil menerbitkan puluhan buku dan ratusan artikel buah karyanya. Selain itu, ayah empat anak ini pun sering membantu kliennya menulis buku, baik sebagai editor, co-writer, maupun sebagai ghostwriter. Jika Anda butuh jasa profesionalnya dihidang kepenulisan, bisa menghubunginya melalui HP/WA: 0852-1726-0169 No GoPay: +6285217260169

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menikmati Keindahan Bunga Cannonball di Taman Kartini Cimahi

21 September 2020   01:21 Diperbarui: 21 September 2020   01:29 93 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Keindahan Bunga Cannonball di Taman Kartini Cimahi
Bunga Cannonball (sumber: J.Haryadi)

Tahukah Anda dengan pohon cannonball? Tentu tidak banyak orang yang mengetahuinya. Pohon ini termasuk tanaman yang unik dan langka. Saya saja baru mengetahuinya secara tidak sengaja ketika sedang berkunjung ke Taman Kartini, Kota Cimahi untuk berakhir pekan bersama keluarga. Saya melihat pohon ini sedang berbunga lebat disekujur batangnya. Bentuknya sangat indah sehingga membuat saya takjub.

Sejak saat itu saya terus berusaha mencari informasi tentang keberadaan pohon tersebut dan ingin sekali menulisnya. Baru sekarang saya berani menulisnya setelah mendapatkan bahan dari berbagai sumber.

Tujuan saya tidak lain hanya sekedar berbagi pengetahuan seputar tanaman langka yang perlu kita lestarikan, juga ingin mempromosikan Taman Kartini sebagai salah satu destinasi wisata di Kota  Cimahi.

Pohon Cannonball yang menjulang tinggi di depan Taman Kartini, Kota Cimahi (sumber: J.Haryadi) 
Pohon Cannonball yang menjulang tinggi di depan Taman Kartini, Kota Cimahi (sumber: J.Haryadi) 

Pohon cannonball diberi nama "Couroupita Guianensis" oleh seorang ahli botani berkebangsaan Perancis, Jean Baptiste Christophore Fuse Aublet pada 1755. Menurut Wikipedia.org, spesies Couroupita Guianensis ini termasuk keluarga Lecythydaceae, dan marga Couroupita.

Banyak sekali sebutan untuk pohon cannonball ini. Setiap daerah mempunyai sebutan sendiri. Misalnya di Indonesia, ada yang menyebut pohon ini dengan sebutan pohon "sala", tetapi ada juga yang menamakannya pohon "kanon".

Beda lagi dengan India, tanaman ini di sana disebut "Shiv Kamal" atau "Kailaspati" dan banyak dijumpai di Kuil Shiva sehingga disebut sebagai bunga "Shivalinga".

Keindahan bunga Cannonball (sumber: J.Haryadi)
Keindahan bunga Cannonball (sumber: J.Haryadi)

Keindahan bunga Cannonball (sumber: J.Haryadi)
Keindahan bunga Cannonball (sumber: J.Haryadi)

Asal pohon cannonball  dari Amerika Latin yang beriklim tropis, tepatnya di Amerika Tengah hingga ke Sebagian Amerika Selatan bagian Utara. Namun, kemungkinan besar pohon ini aslinya berasal dari India karena pohon ini sudah tumbuh di sana sekitar dua atau tiga ribu tahun yang lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN