Mohon tunggu...
juli handa prima
juli handa prima Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

masih mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Peran dan Pemamfaatan TIK dalam Pendidikan

6 Desember 2021   05:46 Diperbarui: 6 Desember 2021   06:27 140 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bahwa kemajuan sangat pesat dalam Di  dunia pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi pada umumnya bertujuan untuk siswa  untuk memahami alat teknologi informasi dan komunikasi secara umum, termasuk komputer  (melek) dan melek informasi, yang berarti bahwa siswa mengenali istilah yang digunakan dalam  teknologi informasi dan komunikasi. Peran informasi dan teknologi komunikasi dalam  pembelajaran, selain membantu siswa dalam belajar juga memiliki peran yang cukup berpengaruh  bagi guru, terutama dalam pemanfaatan fasilitas untuk manfaat dari memperkaya keterampilan  mengajarnya. Peranan teknologi informasi dan komunikasi dapat dilihat dari skill dan kompetensi, infratruktur pembelajaran, sumber bahan belajar, alat bantu dan fasilitas pembelajaran, pendukungmanajemen pembelajaran, dan sebagai sistem pendukung keputusan.

Pengertian pendidikan

Pendidikan menurut UU No. 20 tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Pengetian teknologi

pengertian teknologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat hingga metode pengolahan guna membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia. Para ahli pun memiliki pengertian tersendiri tentang teknologi.

Pengertian teknologi pendidikan

Teknologi pendidikan  ialaha merupakan suatu sarana yang membuat manusia dengan mudah mendaptkan informasi informasi atau pengetahuan yang didapatkan dari alat alat/ penemuan penemuan yang ditemukan manusia seperti computer dan sejenisnya. Gunaya membantu seseorang dengan mudah dalam memperoleh informasi yang dinginkan dengan cepat.

Damapak positif teknologi pendidikan

  • Informasi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan pendidikan.
  • Inovasi dalam pembelajaran tumbuh di hadapan e-learning inovasi yang lebih memudahkan proses pendidikan.
  • Kemajuan TIK juga akan memungkinkan pengembangan teleconference kelas virtual atau kelas yang berbasis yang tidak memerlukan pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  • Sistem administrasi pada lembaga pendidikan akan lebih mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
  • Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan pusat.
  • Munculnya metode pembelajaran yang baru, yang memungkinkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi menciptakan metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi yang abstrak, karena materi dapat dibuat dengan bantuan teknologi abstrak.

Dampak negative dari teknologi pendidiakn

  • Munculnya situs situs yang tidak mendidik/merusak
  • Kurangnya interaksi social antara individu dengan individu contohnya dalam situasi learning atau zoom dalm suatu mata kuliah yang membuat mahsiswa/pelajar ahanya terfokus dalam mata kuliah tersebut

jadi dapat disinpulkan bahwa teknologi pendidikan meriiupakan sarana/suatu perangkat yang dapat membuat seseorang dengan mudah memporoleh suatu informasi/ mempermudah seseorang dalam proses belajar/maupun mengajar dan.

dan dampak positif dari teknologi pendidiakn ialah kita dengan mudah cari bahan belajar dari perangkat teknologi yang telah ada ada begitu juga sebaliknya dan dampak negativ muncullnya website website  yang dapat merusak kita atau pelajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan