Mohon tunggu...
Julieta Eka Yudo Putri
Julieta Eka Yudo Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Julieta Eka Yudo Putri adalah mahasiswa aktif S1 Teknik Sipil Universitas Negeri Malang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Literasi Pelanggaran Etika dan Kode Etik dalam Kepenulisan Karya Ilmiah bagi Guru SDN 04 Kedoyo Kabupaten Tulungagung

1 Oktober 2022   09:19 Diperbarui: 1 Oktober 2022   09:29 217 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemberian plakat dari tim pengabdian kepada kepala sekolah (Dokpri)

Dalam rangka meningkatkan kesadaran guru terhadap etika dan kode etik kepenulisan karya ilmiah, tim pelaksana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang (UM) yang berkolaborasi dengan Bidang Penalaran Himpunan Mahasiswa Departemen Sipil Universitas Negeri Malang sukses menyelenggarakan workshop kepenulisan karya ilmiah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN 04 Kedoyo, Kec. Sendang, Kab. Tulungagung, pada Kamis (29/09/2022).

Diketahui kegiatan workshop pelatihan kepenulisan karya ilmiah ini diikuti sejumlah guru yang merupakan tenaga pengajar SDN 04 Kedoyo.

M. Mirza Abdillah Pratama, S.T., M.T., selaku ketua pelaksana mengungkap bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran etika dan kode etik kepenulisan.

"Iya kita tahu sekarang tingkat motivasi dan juga manajemen waktu guru untuk melakukan eksplorasi dalam ketrampilan menulis itu rendah, sehingga menyebabkan tindak kecurangan dalam kepenulisan juga sering ditemui, untuk itu kegiatan ini tentu bertujuan agar para guru itu sadar akan pentingnya etika dan kode etik dalam kepenulisan" ujar Mirza.

Serangkaian kegiatan tersebut diisi dengan guru menyimak paparan materi dari tim pengabdian dan turut aktif dalam diskusi dan tanya jawab guna meningkatkan pemahaman dari sesi demonstrasi. Materi yang dipaparkan pun terkait dengan materi seputar plagiarisme, parafrase, manajemen referensi dan sitasi yang dilanjutkan dengan diskusi dan workshop mengenai materi yang telah dipaparkan.

Antusiasme dari peserta juga terlihat saat mengikuti workshop dimana para guru selaku peserta diarahkan untuk mencoba melakukan parafrase dan sitasi dengan menggunakan paragraf yang telah ditentukan.

Pemberian materi plagiarisme kepada peserta workshop (Dokpri)
Pemberian materi plagiarisme kepada peserta workshop (Dokpri)

 Pemberian materi reference manager kepada peserta workshop (Dokpri)
 Pemberian materi reference manager kepada peserta workshop (Dokpri)

Workshop parafrase, sitasi, dan referensi (Dokpri)
Workshop parafrase, sitasi, dan referensi (Dokpri)

"Kegiatan seperti ini tentu sangat bermanfaat bagi kami, dalam meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan penggunaan teknologi terkait tata cara kepenulisan karya tulis ilmiah, semoga kegiatan seperti ini konsisten dilakukan agar terus bermanfaat bagi tenaga pengajar" papar Asmuri salah satu peserta workshop yang merupakan kepala sekolah SDN 04 Kedoyo.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan