Mohon tunggu...
Julianda Boangmanalu
Julianda Boangmanalu Mohon Tunggu... Lainnya - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis untuk memahami dan suka pada literasi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengenalkan Makna HUT Kemerdekaan RI pada Anak

20 Agustus 2022   09:42 Diperbarui: 20 Agustus 2022   09:47 139 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak-anak turut serta merasa bahagia pada momen perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Dokpri

Perayaan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI tiap tahunnya dirayakan oleh seluruh elemen masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia dan luar negeri. Perayaan HUT kemerdekaan ini adalah sebuah momen catatan bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Arti dari sebuah perayaan adalah pesta (keramaian) atas suatu peristiwa. Peristiwa bersejarah yang pernah ditorehkan para pejuang pahlawan bangsa dalam upaya memperoleh kemerdekaan.

Peristiwa panjang yang bukan hanya mengorbankan harta semata, bahkan nyawa menjadi taruhannya. Ratusan bahkan ribuan pahlawan di seluruh nusantara yang berjuang demi harga diri bangsa dan martabat sebagai manusia yang merdeka.

Kemerdekaan yang dirasa saat ini merupakan sesuatu yang bernilai sangat mahal karena dicapai melalui proses yang sangat panjang. Untuk itu, setiap tahun harus dirayakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas berkah kemerdekaan yang diberikan.

Semangat kemerdekaan inilah yang perlu diperkenalkan kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Karena di pundak mereka lah nantinya tanggung jawab keberlangsungan dan mempertahankan keutuhan bangsa.

Sejak usia dini diperkenalkan terkait kemerdekaan yang telah diperoleh, sesuatu harus disyukuri dan terus dirawat. Agar ke depannya dapat terinternalisasi dalam diri mereka dan menyadari makna sesungguhnya arti kemerdekaan yang telah diraih.

Paling tidak, manfaat memperkenalkan HUT kemerdekaan RI bagi anak, yakni dapat memberi pemahaman bahwa bangsa kita adalah Negara Indonesia dengan berbendera Merah Putih. 

Baca juga: Makam Belanda

Setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI selalu disertai dengan pemasangan dengan semarak bendera Merah Putih di rumah warga dan kantor-kantor yang ada di seluruh wilayah nusantara. 

Diramaikan lagi dengan penambahan umbul-umbul dan ornamen lainnya untuk menyemarakkan perayaan HUT kemerdekaan tersebut.

Harapannya, dengan semangat perayaan HUT kemerdekaan RI, memberi nuansa tersendiri bagi anak-anak dalam menyemarakkan dan dapat memahami bahwa berkah kemerdekaan harus disyukuri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan