Mohon tunggu...
Juliana
Juliana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

STIE STEMBI Bandung Business School

Selanjutnya

Tutup

Money

Potensi Bisnis Kuliner Di Masa Pandemi Covid 19

5 Desember 2020   09:50 Diperbarui: 5 Desember 2020   10:13 527
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Di masa pandemi Covid 19 ini banyak masalah-masalah yang terjadi di Indonesia selain dari masalah kesehatan karena Covid 19, namun ada beberapa masalah yang terjadi di Indonesia salah satunya yaitu masalah di bidang ekonomi. Masalah ekonomi pada pandemi seperti ini menyebabkan banyaknya karyawan-karyawan yang di PHK oleh suatu perusahaan dan menyebabkan kebutuhan keluarganya tidak tercukupi. Oleh karena itu, untuk bisa mencari penghasilan di masa pandemi Covid 19, ini maka  harus mempunyai penghasilan tambahan agar kebutuhan bisa tercukupi. Salah satu penghasilan tambahan di masa pandemi ini yaitu dengan berbisnis.
Dari berbagai macam bisnis salah satunya yaitu bisnis kuliner. Bisnis kuliner di era pandemi sekarang ini merupakan salah satu usaha yang bisa menjadi suatu penghasilan yang bermanfaat juga wadah untuk mengembangkan minat dan bakat. Bisnis ini yaitu salah satu  bisnis yang familier dan banyak diminati oleh berbagai kalangan, juga sarana untuk menyalurkan hobi namun bisa menghasilkan keuntungan. Menurut Prof. L.R. Dicksee menyatakan bahwa bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Bisnis kuliner bisa dilakukan dengam cara online maupun offline. Keuntungan dari metode online yaitu lebih efisien karena tidak perlu pergi ke tempat penjualan. Namun, konsumen tidak mengetahui apakah makanannya masih baik atau tidak. Untuk keuntungan dari media offline, yaitu konsumen mengetahui secara langsung makanan yang akan dibeli.        

Adapun berbagai macam peluang yang didapatkan dalam berbisnis kuliner ini yaitu tidak perlu membutuhkan banyak modal, dengan modal dapur saja sudah mencukupi untuk memulai bisnis kuliner dan untuk barang yang masih kurang bisa membelinya. Lalu untuk bisnis kuliner secara online maka tidak perlu menyewa tempat untuk berdagang, karena di zaman sekarang sudah ada layanan  tempat untuk berbisnis secara online seperti di shopee, instagram, whatsap, dan masih banyak situs yang melayani bisnis usaha kuliner online. Agar usaha bisnis kuliner bisa mendapatkan banyak pelanggan, maka harus menciptakan kuliner yang kekinian, yaitu dengan berinovasi dan menciptakan makanan sekreatif mungkin agar pembeli tertarik dan membelinya.

Adapun berbagai masalah yang terjadi dalam melakukan bisnis kuliner yaitu tidak fokus akan tujuan yang ingin dicapai dalam berbisnis kuliner, karena tujuan sangat penting untuk suatu bisnis agar bisa fokus mencapainya meskipun banyak rintangan yang dihadapi. Lalu masalah selanjutnya yaitu kurangnya percaya diri terhadap bisnis kuliner yang akan ditekuni. Percaya diri ini bisa menumbuhkan rasa semangat dan berani bertindak disaat orang lain belum melakukan apa-apa dalam memulai bisnisnya. Selanjutnya yaitu minim inovasi, inovasi merupakan hal yang penting agar bisa menarik konsumen untuk menyukai kuliner yang dibuat. Jika kuliner yang dibuat itu monoton dan tidak memiliki keistimewaan dari kuliner lain maka bisa saja kuliner yang dibuat tidak akan dilirik dan disukai oleh konsumen.

Dalam melakukan bisnis, salah satunya bisnis kuliner pasti ada suatu persaingan antara produk satu dengan yang lainnya. Namun, dengan persaingan ini jangan membuat mindset kita untuk takut memulai bisnis kuliner. Karena, jika kita tekun melakukannya dan mempunyai inovasi serta kreatifitas dalam memulai bisnis kuliner ini, maka usaha kuliner ini bisa berjalan dengan baik.

Di masa pandemi covid 19 ini potensi untuk memulai usaha bisnis kuliner sangat besar apalagi secara online karena orang orang yang takut jika pergi keluar untuk membeli makanan disebabkan oleh virus yang berbahaya ini lebih nyaman dan aman  jika tetap tinggal di rumah dan membelinya secara online tanpa harus pergi keluar. Namun, harus tetap menjaga makanannya dalam keadaan higienis dan aman untuk di makan agar konsumen puas dengan makanan dan layanannya.

Sebelum melakukan proses jual beli dalam berbisnis kuliner ini, maka harus memahami dulu tentang bagaimana pemasaran yang akan dilakukan. Maka pemasaran ini meliputi pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen. Pengiklanan harus menarik agar konsumen tertarik dengan produk yang akan di pasarkan, dan harus memiliki konsep terlebih dahulu untuk memulai proses pengiklanan agar berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan. Penjualan yang dilakukan dapat berjalan baik jika produk yang dibuat menarik dan konsumen lebih tertarik terhadap produk kuliner, apalagi jika mampu menciptakan menu kuliner yang baru dan rasanya yang enak. Proses pengiriman produk kepada konsumen harus terkonsep dengan baik agar konsumen merasa nyaman terhadap pengiriman dan pelayanan yang berikan.

Oleh karena itu, jika ingin memulai merintis usaha bisnis kuliner maka harus dengan cermat memilih kuliner apa yang akan diproduksi?, bagaimana konsep yang akan disajikan dalam pengiklanan?, Bagaimana proses penjualan yang akan dilakukan?, dll. Maka pemikiran yang cermat akan mampu menghasilkan suatu bisnis kuliner menjadi kuliner yang dicintai oleh orang-orang dan bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Pemikiran yang cermat juga mampu menghasilkan sesuatu yang baru atau kuliner yang belum pernah ada sebelumnya, hal ini juga bisa menarik konsumen agar membeli kuliner dengan inovasi baru dan bisnis kuliner yang dilakukan bisa menjadi terkenal.

Dr Handito Joewono, dari Arrbeys, strategy and marketing consulting firm, mengatakan, faktor pertama yang membuat pelanggan datang adalah kualitas makanan. Hal ini berkaitan dengan rasa dan bahan baku makanan.

Kualitas makanan juga berperan penting dalam berbisnis kuliner, karena pelanggan akan tertarik jika kualitas makanannya bagus seperti rasanya yang berbeda dengan kuliner lain namun tetap enak, karena rasa itu sangat diprioritaskan bagi bisnis kuliner. Berbisnis kuliner merupakan hal yang banyak dilakukan dan diminati oleh banyak kalangan. Namun, untuk bisa menciptakan kuliner yang menarik dan banyak disukai oleh konsumen di masa pandemi seperti ini, maka harus bisa berinovasi dan berfikir lebih cermat agar mampu membuat suatu makanan yang unik, menarik, kekinian dan memiliki kualitas yang bagus juga bisa menciptakan makanan sekreatif mungkin, agar konsumen lebih tertarik terhadap kuliner yang dibuat. Dalam berbisnis kuliner juga harus fokus dalam tujuan yang ingin diraih agar tujuan tersebut bisa tercapai, tidak hanya angan-angan saja. Memulai bisnis kuliner juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk pengangguran yang belum mendapatkan pekerjaan, apalagi di masa pandemi seperti ini banyak orang-orang yang sedang membutuhkan pekerjaan.

Oleh   : Juliana

Mahasiswa STIE STEMBI Bandung Business School

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun