Mohon tunggu...
Jujun Junaedi
Jujun Junaedi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis dan Pendidik dari Bandung

31.03.24 - Semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mengurai Plus Minus dan Tantangan Jalur Sepeda di Perkotaan

10 Mei 2024   09:39 Diperbarui: 10 Mei 2024   09:42 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi - Jalur sepeda di Kota Bandung, Jawa Batat (portalsepeda.com, via ig.sociabike)

Sepeda merupakan moda transportasi yang sudah lama ada di nusantara. Bahkan pada zaman kolonial sepeda adalah alat trasportasi utama dan bergengsi, terutama dipergunakan oleh para penguasa dan warga berada saat itu.

Seiring perkembangan zaman, terutama di era modern, sepeda tidak lagi sebagai moda transportasi utama, namun kendaraan ini oleh sebagian besar kalangan dijadikan alat khusus olah raga, rekreasi dan gaya hidup.

Jika dulu, sepeda adalah sebagai moda transportasi utama, tapi dengan adanya perkembangan moda transportasi modern dewasa ini, seperti mobil, motor, kereta dan lain-lain, peruntukan sepeda untuk masyarakat telah bergeser fungsi seperti halnya yang disebutkan tadi, yaitu murni olah raga, rekreasi, wisata, gaya hidup dan lain-lain.

Sepeda untuk olah raga

Sejak dulu, sepeda adalah sebagai alat untuk berolah raga. Bahkan dengan sepeda terdapat dan berdiri berbagai komunitas dan persatuan olah raga khusus sepeda. Dengan olah raga sepeda ini, dipercaya bisa memberikan jaminan kesehatan bagi penggunanya.

Sepeda untuk rekreasi dan wisata
Fungsi sepeda tidak hanya sebagai alat transportasi dan alat olah raga saja, tapi dengan sepeda ini, bisa menjadikan sarana rekreasi. Di berbagai daerah bertebaran berbagai komunitas sepeda dan dapat diikuti oleh berbagai kalangan. Untuk itu, membuat sepeda berubah fungsi menjadi sarana rekreasi dan wisata yang efektif untuk tiap daerah.

Sepeda sebagai gaya hidup

Untuk sebagian kalangan, sepeda tidaklah sebagai alat transportasi utama untuk kehidupan sehari-hari, melainkan hanya sebagai sarana gaya hidup. 

Tidak sedikit di sebagian kalangan masyarakat Indonesia bersepeda hanya untuk menikmati hidup dengan santai, nyaman dan sekedar untuk jalan-jalan dengan menggunakan sepeda yang bermerk dan harganya yang super mahal.

Terkait sepeda di beberapa daerah khususnya di kota besar di Indonesia seperti, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang dan di daerah lainnya membuat kebijakan terkait pembuatan jalur khusus untuk sepeda. Berikut diulas kelebihan, kelemahan dan tantangan jalur sepeda.

Kelebihan Jalur Sepeda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun