Mohon tunggu...
Juan Pratamaa
Juan Pratamaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Déjà vu

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisis Kewirausahaan Bisnis Waralaba Mcdonald's

29 September 2021   08:54 Diperbarui: 29 September 2021   15:25 2328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Restaurant McDonald's | unsplash.com

Apa itu kewirausahaan?

Berdasarkan Lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil No.961/KEP/M/XI/1995, kewirausahaan adalah semangat, sikap perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha/kegiatan yang mengarah pada cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau keuntungan yang lebih besar.

Salah satu dari contohnya dari kegiatan kewirausahaan ialah bisnis waralaba fast food/makanan cepat saji.

Apa itu waralaba?

Berdasarkan Peraturan Pemerintahan No. 42 Tahun 2007, waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang, perorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan atau digunakan oleh pihak berdasarkan perjanjian waralaba.

Macam-macam waralaba:

Waralaba memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari waralaba produk, jasa, maupun gabungan dari keduanya.

Sejarah McDonald’s

McDonald’s merupakan salah satu restoran fast food terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 1955 di California, Amerika Serikat. Dengan produk unggulannya berupa Burger Bigmac. McDonald’s hingga saat ini telah memiliki ribuan restoran yang tersebar di lebih dari 100 negara, salah satunya Indonesia.

Mengapa bisnis waralaba cepat saji McDonald’s dapat dikategorikan sebagai kegiatan kewirausahaan?

  1. Menghasilkan produk baru dengan cara baru
    Restoran cepat saji yang sudah berusia 66 tahun ini awalnya dirintis oleh McDonald’s bersaudara. Ide dua bersaudara tersebut tidak datang begitu saja. Mereka sempat mencoba beberapa bisnis seperti binis film lalu memutuskan untuk menjual berbagai macam produk makanan, mulai dari barbekyu drive in kecil di San Bernardino, hot dog, milkshake, kue pai, keripik kentang, kopi, susu, dan hamburger. Meski bisnisnya bertumbuh Mcdonald’s meyakini bahwa mereka dapat melakukan yang lebih baik dengan menghasilkan sesuatu dengan lebih cepat. Pada musim gugur 1948, mereka memperkenalkan “Speedee Service System” yaitu sebuah sistem pelayanan untuk membuat makanan pelanggan dengan durasi hanya sekitar 30 detik sehingga pelanggan tidak perlu lama mengantre untuk memesan makanan yang kemudian menjadi prinsip dasar restoran siap saji modern, dengan  cara baru ini akhirnya membuat McDonald’s sukses dengan lebih dari ribuan outlet di 111 negara.

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Money Selengkapnya
    Lihat Money Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun