Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Prabowo, Ganjar, dan Ridwan Kamil Calon Kuat Pilpres 2024, Anies dan Khofifah ke Mana, Kok Gak Ada?

13 Juli 2020   18:47 Diperbarui: 13 Juli 2020   22:00 147 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prabowo, Ganjar, dan Ridwan Kamil Calon Kuat Pilpres 2024, Anies dan Khofifah ke Mana, Kok Gak Ada?
Sumber: ANTARANEWS.COM

Hasil survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan Pandemi tidak hanya berdampak terhadap perekonomian, melainkan terjadi perubahan peta elektoral menuju pemilu 2024.

Prabowo, Ganjar dan Ridwan Kamil berada pada urutan teratas. Elektabilitas Prabowo mencapai 18,4 persen, Turun dari survei sebelumnya sebesar 22,7 persen. Sebaliknya Ganjar dan Kang Emil sama-sama mengalami kenaikan yang sangat signifikan

Elektabilitas Ganjar naik dari 8,5 persen menjadi 13,5 persen, sedangkan Kang Emil naik dari 5,8 persen menjadi 11,3 persen atau hampir dua kali lipat dilansir dari antaranews.com, 12/7/2020.

Dengan hasil survei itu, kedudukan kuat untuk bertarung dalam pemilu 2024 adalah nama Prabowo, Ganjar dan Ridwan Kamil. Akan tetapi, apakah nama mereka saja?. 

Anies dan Khofifah ke mana?
Kenapa yang paling kuat menuju pemilu 2024 hanya nama diatas, Anies dan Khofifah kemana? Kalau melihat grafik di atas jelas sekali Anies berada dalam posisi 4 besar dan Khofifah posisi 6.

Apakah dengan grafik itu mereka tidak layak atau kuat kedudukan menuju pemilu 2024? Namanya survei selalu berubah-rubah sebenarnya.

Setiap bulan pasti akan ada perubahan, tinggal kita tunggu survei selanjutnya. Lagipula, survei itu tidak harus jadi sebuah kebenaran karena pemilu juga masih lama.

Masih ada peluang untuk berbenah makin naik elektabilitas para pasangan calon kedepannya. Sangat mungkin kalau kinerja para calon itu makin baik dilihat rakyat, makin menonjol dan makin ada kemajuan, maka elektabilitas akan makin naik.

Akan tetapi, survei tersebut terlalu cepat untuk mengambil kesimpulan bahwa nama Prabowo, Anies dan Ridwan Kamil masih dalam urutan teratas dan paling kuat menuju pemilu 2024.

Apa mungkin Anies Baswedan dan Khofifah tidak akan ikut dalam kontestasi pemilu 2024? Atau partai politik tidak mau meminang mereka karena elektabilitas saja rendah? Itu jadi pertanyaan yang mau kita cari jawabannya. Dalam politik, siapa saja mungkin mencalonkan diri sesuai selera parpol untuk meminangnya.

Tidak maksimal bekerja
Kalau penulis pribadi berpandangan soal survei di atas yang tidak memasukkan nama Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa dalam daftar petarung kuat pemilu 2024 karena kinerja mereka selama Pandemi Covid-19 ini tidak maksimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN