Mohon tunggu...
Asaf Yo
Asaf Yo Mohon Tunggu... Guru - mencoba menjadi cahaya

berbagi dan mencari pengetahuan. youtube: asaf yo dan instagram: asafgurusosial

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Split: Manusia yang Berbahaya dengan 24 Kepribadian

20 Juli 2021   17:30 Diperbarui: 20 Juli 2021   17:43 81 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Split: Manusia yang Berbahaya dengan 24 Kepribadian
deviantart.com

Apakah seseorang bisa memiliki kepribadian ganda dengan banyak identitas? Kalau hanya dua identitas saja sih , saya sudah banyak menonton film atau mendengar kasus itu. Namun kalau seseorang dengan identitas puluhan? Tentu itu benar-benar membuat saya pribadi tertarik untuk membaca. Kebetulan memiliki ebook tentang kisah nyata seseorang yang memiliki 24 kepribadian, namun belum selesai. (semoga bulan ini bisa diselesaikan dan dibuat reviewnya).itulah yang menjadi tema sentral dari yang akan aku bahas.

Film tersebut  berjudul Split . Film ini buatan Night Syamalan dan rilis tahun 2016. Film ini mendapatkan respon yang luar biasa di masanya. Bayangkan, dari budget hanya 9 juta dollar, mereka meraup keuntungan hingga 287 dollar AS di seluruh dunia. Suatu keuntungan 30 kali lipat dari budget semula. 

Film ini masuk kategori psikologi horror thriller. Film ini menceritakan seorang pria yang memiliki kepribadian ganda, lebih tepatnya 24 kepribadian dalam satu tubuh. Iap kali mendengar film yang disustradari oleh Night S. saya selalu penasaran film seperti apa yang akan dia buat. Biasanya film yang dia buat itu selalu unik dan membikin penasaran sih.

Adegan diawali oleh Claire(jessica Sula) dan Marcia (Halley Lu Richardson)yang terpaksa membawa satu temannya yang antisosial bernama Cassey (Anya Taylor Joy) untuk diantarkan ke rumahnya. Tidak terduga, ada seorang pria yang masuk ke dalam mobil dan membius mereka. Mereka kemudian tersadar sudah ada di ruang bawah tanah disekap oleh laki-laki tersebut.

Ketiga gadis ini dibuat kebingungan karena sosok pria ini trus menerus berubah perilakunya. Cassey menyadari bahwa sosok yang menangkap mereka adalah sosok yang memiliki kepribadian ganda. Mereka berjuang sekuat tenaga untuk melepaskan diri dari sekapan ruang bawah tanah itu. Disisi lain, Kevin juga terus melakukan terapi psikologi dengan dokter psikiaternya yang bernama Doker Fletcher. Fletcher menyadari ada sesuatu yang tersembunyi dalam diri Kevin, atau bagian dari kepribadian Kevin lain yang sangat berbahaya.

Karakter Kevin Wendell Crumb dimainkan dengan baik oleh James Mcavoy. Walaupun di film ini diceritakan ada 24 identitas yang berbeda, tapi ada 4 kepribadian yang sangat menonjol , yaitu Hedwig yang berprilaku seperti anak-anak. Denis yang dewasa dan selalu terlihat rapi, Patricia, sosok wanita yang keibuan, hingga Kevin sendiri. Ada lagi Barry yang kemayu dan menyukai Fashion, karakter yang sering muncul kala berinteraksi dengan Dokter Fletcher (Betty Buckley).Dan aku seperti percaya bahwa benar-benar ada sosok yang memiliki karakter yang berbeda dalam satu tubuh.s alut dengan James karena perannya yang semakin baik.

Dari alur, diketahui bahwa dari berbagai karakter itu, ada tiga karakter yang akhirnya menonjol dan membentuk satu kelompok baru dengan nama The Horde yang berisi identitas Patricia, Denis dan Hedwig.Mereka menculik tiga gadis itu karena ingin membangkitkan karakter terakhir dari 24 kepribadian yang disebut the beast, karakter yang sangat kuat dan mengerikan. Mereka ingin mengorbankan ketiga gadis ini untuk The beast karena The beast merupakan seorang kanibal.

Intensitas film ini sejak awal penculikan sudah mulai menegangkan, bagaimana para gadis dicekam ketakutan berhadapan dengan sosok Kevin ini. Alur cerita juga menjelaskan bagaimana Sosok Cassey di masa lalu yang kelam sehingga membuat dia menjadi antisosial ketika remaja. Awalnya sih kukira hanya menceritakan perburuan Cassey di hutan bersama ayah dan pamannya. 

Tapi dalam prosesnya aku menyadari ada pelecehan seksual didalamnya. Sementara itu, sosok Kevin juga dijelaskan secara singkat mengenai masa lalunya , penyiksaan di masa lalunya oleh ibunya membuat dia akhirnya memiliki 3 kepribadian yang berbeda.

Hal yang mungkin membuat sedikit gregetan adalah di akhir cerita yang sedikit menggantung. Hmm film film sejenis ini memang sepertinya akan dibuat mengambang hasil akhirnya, siapa tahu kalau sukses, maka bisa dibuat sekuelnya. Tapi cukup kasihan juga sih dengan sosok Claire dan Marcia yang akhirnya menjadi tumbal kala the beast bangkit menjadi kepribadian yang keempat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x