Mohon tunggu...
Joy Evan Saimara Tarigan
Joy Evan Saimara Tarigan Mohon Tunggu... Pelajar

ig : joyevanst

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

E-Sport Menjamin Kehidupan Gamers Muda?

7 Mei 2020   19:19 Diperbarui: 7 Mei 2020   19:19 63 0 0 Mohon Tunggu...

PENDAHULUAN 

E-sport merupakan olahraga yang dilakukan melalui media elektronik seperti contohnya komputer, konsol (seperti playstation), handphone. E-sport adalah permainan video game yang mempunyai sifat kompetitif karena pemain harus beradu dalam permainan tersebut. E-sport mempunyai tingkatan yang lebih tinggi jika kompetisi yang diikuti merupakan kompetisi yang berskala besar.

dalam skala internasional. E-sport bisa menjadikan wadah untuk orang yang suka bermain game, tidak banyak juga orang yang bisa mencari keuntungan dalam bermain game tersebut. Game juga bisa melatih ataupun mengasah otak, karena dibutuhkan startegi dan logika untuk menyelesaikan game tersebut, E-sport juga sudah dipandang di negara Indonesia ini karena sudah banyak dilakukan kegiatan perlombaan.

E-sport pertama kali berlangsung di Universitas Standford pada 19 Oktober 1972, yang awalnya berlangsung di Universitas Standford pada 19 Oktober 1972 . Pada saat itu, judul game yang dipertandingkan adalah Spacewar, sejak saat itu E-sport sering diperbincangkan dan ditayangkan ke dalam program televisi . 

Skema E-sport akhirnya berubah pada tahun 1990 , karena teknologi internet mulai merambah dunia. Di Indonesia sendiri mulai mengenal E-sport pada awal tahun 2000-an, saat itu game yang dipertandingkan seperti Counter-Strike,Dota hingga  Mobile Legends yang saat ini terkenal . Turnamen-turnamen besar mulai dipertandingkan dengan memperebutkan hadiah yang menggiurkan.

ISI

Di Indonesia sekarang ini menjadi trend positif di kalangan masyarakat , karena pada masa saat ini dengan berkembangnya teknologi banyak inovasi dan jenis permainan yang masuk ke dalam kategori E-sport . Banyak anak mada yang senang dengan bermain game masuk ke dalam tim professional dan ikut bertanding di tingkat nasional maupun internasional. Indonesia mempunyai banyak anak muda yang berbakat dalam bermain game. Saya, sebagai penulis juga penikmat game E-sport yang sekarang sedang naik daun.

Game E-sport yang sekarang bergengsi adalah PUBG (Player Unknown Battleground) , Dota2 , dan Mobile Legends . Game tersebut terbilang cukup banyak dimainkan di Indonesia , dan sudah mempunyai kompetisi yang dipertandingkan di tingkat nasional dan internasional. Seperti contoh Mobile Legends yang mempunyai team E-sport yang terkenal saat ini adalah Evos E-sport dan RRQ . Kedua team inilah yang sekarang sangat populer .

Game Mobile Legends saat ini sudah mempunyai nama , dan pemain yang sangat terkenal, seperti contoh pemain yang memiliki nama akun JessNoLimit sudah memainkan game tersebut sangat lama, banyak rintangan yang ia lalui agar menjadi pemain professional . Pendapatan yang diterima oleh seorang pemain professional bisa mencapai 200-300 juta, hal inilah yang membuat minat para gamers muda untuk ikut bersaing menjadi pemain professional.

Untuk menjadi pemain professional banyak rintangan yang terjadi, banyak hal yang perlu dipikirkan untuk mencapai cita-cita tersebut. Hal yang paling utama adalah bagaimana kita harus mendapat restu dari orang tua kita, karena tidak banyak orang tua yang setuju anaknya terjun ke dalam dunia game karena menurut mereka tidak akan menjamin masa depan mereka sebagai pemain professional.

Menurut saya orang tua sekarang bisa diberi edukasi akan E-sport yang sekarang sedang ramai diperbincangkan , apalagi apabila pemain professional tersebut bisa memanfaatkan skillnya untuk menarik minat para penggemarnya dengan membuka channel Youtube agar penonton setianya bisa melihat dia bermain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x