Mohon tunggu...
Joshua Wibowo
Joshua Wibowo Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Pelajar-SDH

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman MSL

31 Maret 2023   08:36 Diperbarui: 31 Maret 2023   09:37 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tari poco-poco, dok. pribadi

Dalam Boys Brigade Sekolah Dian Harapan, telah diadakan kegiatan Mission Service Learning atau bisa disingkat MSL. MSL merupakan kegiatan di mana murid-murid SDH diminta untuk membantu sesama yang membutuhkan, contohnya seperti pedagang kaki lima, petugas kebersihan, orang-orang yang di panti asuhan, dll. Bukan hanya bantuan yang berupa barang saja tetapi juga bisa berupa ilmu yang telah kita dapat.

Kegiatan MSL ini akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari beberapa squad, bisa 2-4 squad dalam satu kelompok. Setiap squad bisa terdiri dari belasan siswa. Kebetulan saya merupakan siswa dari squad 5, kelompok saya kebagian untuk membantu petugas kebersihan. Tugas MSL yang saya lakukan, dilaksanakan pada 11 Maret 2023.

Pada kegiatan MSL team saya, terdapat penyampaian materi mengenai hal yang telah kita dapat. Selain penyampaian materi juga terdapat games yang berhubungan dengan materi yang sudah kita dapat selama belajar di Boys Brigade (BB).

Sebelum dilaksanakannya kegiatan MSL ini, terdapat perancangan yang sudah dilakukan oleh kelompok. Mulai dari acara-acaranya ada apa saja pada kegiatan MSL kita. Lalu juga terdapat pembuatan jadwal acara MSL-nya. Juga terdapat pembagian tugas dan juga ada kegiatan pengumpulan dana untuk para petugas kebersihannya.

Pada kegiatan MSL saya bertugas sebagai presenter mengenai topik PHBS. Presentasi berjalan dengan baik dan juga isi dari materi PHBS ini tersampai kepada para cleaning service dengan jelas. Setelah menyampaikan materi PHBS tersebut semua peserta acara diajak untuk melakukan tari poco-poco. Kegiatan menari poco-poco ini terbilang sulit tetapi Ketika sudah memahami gerakannya, tari poco-poco ini menjadi mudah.

Selain mempresentasikan mengenai PHBS, saya dan kelompok saya membantu para cleaning service membersihkan sekolah. Kelompok saya kebagian membersihkan wilayah kantin gedung B. Pada kegiatan bersih-bersih tersebut kita membersihkan lantai menggunakan tongkat pel dan juga mesin untuk memberikan sabun pada lantai. Sebelum kita membersihkan lantai menggunakan pel, kita menyapu lantai terlebih dahulu. Bukan hanya membersihkan area lantai kita juga membersihkan meja-meja kantin dengan cara mengelapnya.

Kegiatan bersih-bersih, dok. pribadi
Kegiatan bersih-bersih, dok. pribadi

Setelah selesai membersihkan kantin gedung B kita kembali ketempat utama. Sebelum melanjutkan kegiatan kita diberikan istirahat. Setelah istirahat tersebut kita para peserta acara mendengarkan beberapa presentasi dari orang-orang yang sudah ditugaskan

Topik yang dibawakan pada presentasi presentasi tersebut adalah seperti pertolongan pertama, fire drill, pengetahuan umum, dll.

Meskipun saya tidak melihat penuh seperti apa presentasi P3K, tetapi dari presentasi P3K ini saya bisa mengetahui beberapa cara untuk mengatasi beberapa luka pada korban dan juga diri saya sendiri. Hal yang saya ingat pada presentasi tersebut adalah, ternyata mimisan dapat terjadi karena adanya tekanan pada hidung. Lalu saya juga ingat mengenai cara mengatasi orang yang pingsan. Tetapi hal terpenting yang saya pelajari bahwa jika ada orang yang terluka, selalu bawa orang tersebut ke tempat yang aman terlebih dahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun