Mohon tunggu...
Joselyn Abigail Irawan
Joselyn Abigail Irawan Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Refleksi Setelah Mengikuti Geladi Hominisasi

22 November 2022   16:45 Diperbarui: 22 November 2022   16:48 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama mengikuti Geladi Hominisasi, pertama-tama saya disuruh untuk mengerjakan tugas Pra-Geladi yaitu ditanyakan syair Indonesia Raya 3 Stanza bagian mana yang menarik untuk saya, selanjutnya ada disediakan 10 video yang berdurasi rata-rata 30 menit dan kita disuruh memilih satu video untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dan untuk direfleksikan. 

Setelah mengumpulkan jawabannya melalui google form, saya mendapatkan link zoom dan daftar kelompok untuk pelaksanaan geladi yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 November kemarin. Selama geladi terdapat beberapa topik talkshow yang bermanfaat dan ada diskusi kelompok untuk menyiapkan presentasi sesuai dengan topik yang sudah ditentukan per kelompok. 

Pengalaman saya setelah mengikuti Geladi Hominisasi kemarin, sangat berguna untuk mengasah pikiran saya agar bisa berpikir lebih kritis lagi dan mendapatkan teman baru juga lebih memberanikan diri saya untuk berbicara di depan umum. Menurut saya setelah mengikuti Geladi Hominisasi penggunaan logika dan bahasa sebagai warga negara yang baik sangat penting dan harus direalisasikan karena tanpa pikiran logika dan bahasa yang luas kita tidak bisa berinteraksi dalam sosial dengan baik, karena dalam suatu pembicaraan kita harus memilah kata-kata mana yang baik untuk diutarakan dan mana yang tidak baik sehingga bisa menyakiti perasaan seorang. 

Manfaat yang saya dapatkan setelah saya mengikuti Geladi Hominasasi adalah saya jadi lebih baik dalam bersosialisasi dan dalam bekerja sama dengan orang ain dengan tujuan yang sama, pikiran logika saya juga menjadi lebih terasah, saya juga lebih percaya diri untuk berbicara di depan banyak orang. Saya bisa menerapkan kemampuan presentasi dengan baik maupun secara materi maupun secara penyampaiannya dalam dunia perkuliahan kedepannya. Saya bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan berbahasa saya melalui banyaknya literasi dengan topik apapun yang membuat wawasan saya menjadi lebih luas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun