Mohon tunggu...
Zahrotul Mujahidah
Zahrotul Mujahidah Mohon Tunggu... Guru - Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Guru SDM Branjang (Juli 2005-April 2022), SDN Karanganom II (Mei 2022-sekarang) Blog: zahrotulmujahidah.blogspot.com, joraazzashifa.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tantangan Mengakses dan Menemukan Isi Teks bagi Peserta Didik

14 Mei 2024   11:59 Diperbarui: 15 Mei 2024   19:13 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peserta didik membaca dan menemukan informasi dari teks/bacaan secara berkelompok. Dokpri

Fenomena Literasi Peserta Didik

Saat mengajar para peserta didik, seringkali saya menemukan mereka kesulitan untuk menjawab pertanyaan. Padahal jawaban jelas-jelas bisa ditemukan pada teks yang tersedia.

Dari kenyataan tersebut, bisa diartikan bahwa peserta didik yang lancar membaca, belum tentu paham akan isi atau informasi dari sebuah bacaan. Bahkan ketika saya bacakan ulang agar mereka mudah dalam memahami isi bacaan, tetap saja mereka kesulitan menemukan jawaban atau informasi.

Proses mengakses dan menemukan isi bacaan/teks merupakan tahapan penting dalam memahami bacaan. Lalu bagaimana langkah guru ketika menemukan peserta didik yang kurang memahami isi bacaan?

Tentu saja guru harus terus membimbing para peserta didik. Tidak hanya dengan cara membacakan ulang sebuah teks atau bacaan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh guru.

Strategi Mengakses dan Menemukan Isi Teks 

Membaca dan menemukan informasi dari non buku berupa kalender. Dokpri 
Membaca dan menemukan informasi dari non buku berupa kalender. Dokpri 

Seperti yang saya tulis di depan bahwa peserta didik, entah di fase A, B, C atau fase berikutnya di jenjang SMP atau SMA pasti akan terdapat peserta didik yang tidak memahami dan sulit menemukan isi teks. Akibatnya, dalam menjawab pertanyaan, mereka pun akan kesulitan. Meski pada bacaan sudah ada jawaban yang eksplisit. 

Jika secara eksplisit saja mereka sulit memahami, apalagi untuk menemukan jawaban yang implisit. Bisa-bisa guru jadi geregetan sendiri. 

Nah, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh guru untuk membantu dan membimbing peserta didiknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun