Mohon tunggu...
Dr. Jolinda Johari
Dr. Jolinda Johari Mohon Tunggu...

Ibu dengan satu orang anak yang bekerja sebagai dokter fulltime di Go Dok. Bagi saya menulis bukan pekerjaan tapi merupakan panggilan jiwa. Baca tulisan saya di www.go-dok.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Glaukoma

24 Maret 2017   15:43 Diperbarui: 24 Maret 2017   15:51 717 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Glaukoma
source: go-dok.com

GoDok - Glaukoma merupakan penyakit mata dimana tekanan cairan dalam bola mata menjadi terlalu tinggi, sehingga merusak serat lembut saraf optik yang membawa sinyal penglihatan dari mata ke otak. Penyakit ini dianggap sebagai salah satu penyebab kebutaan, selain katarak. Jika Anda atau kerabat mengidap glaukoma, segera tangani dengan cepat dan tepat karena kebutaan akibat penyakit ini bersifat permanen. Berikut saya jelaskan mengenai penyakit glaukoma: 

Mengenal glaukoma

Penyakit glaukoma terjadi karena adanya peningkatan tekanan bola mata (intraokuler) dengan nilai >21mmHg. Kondisi ini disebabkan karena adanya penyumbatan atau produksi berlebih cairan aqueous humor yang mengakibatkan saraf di belakang bola mata tertekan. Hasilnya, aliran darah menuju saraf mata berkurang dan menyebabkan matinya saraf mata. Penderita glaukoma seringkali tidak sadar bahwa kualitas penglihatannya semakin menurun karena kerusakan pada saraf penglihatan bersifat sedikit demi sedikit.

Glaukoma terdiri dari beberapa jenis, seperti:

1. Primary Open-Angle Glaucoma

2. Normal Tension Glaucoma

3. Angle-Closure Glaucoma

4. Acute Glaucoma

5. Pigmentary Glaucoma

6. Exfoliation Syndrome

7. Trauma-Related Glaucoma

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x