Mohon tunggu...
Joko Yuliyanto
Joko Yuliyanto Mohon Tunggu... Penulis - Esais

Penulis buku dan penulis opini di lebih dari 150 media berkurasi. Penggagas Komunitas Seniman NU dan Komunitas Partai Literasi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Panggilan Mas Itu Ditujukan Kepada Siapa Aja?

5 Desember 2022   09:19 Diperbarui: 5 Desember 2022   09:41 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
mas-mas jawa | pixabay.com/harisnurtanio

Panggilan Mas dan Dek itu merupakan maqom tertinggi dalam menjalin hubungan. Sang perempuan akan merasa disayangi dan terlindungi ketika pasangannya memanggilnya Dek, sementara sang pria akan merasa dihormati ketika pasangannya memangginya Mas. Mungkin sebagian orang menganggapnya katrok, namun panggilan Mas dan Dek merupakan puncak keromantisan tertinggi dalam jalinan cinta-kasih.

Namun panggilan Mas tidak berlaku dalam interaksi dan komunikasi secara nasional yang lebih sering menggunakan panggilan Kak: Kakak. Prinsipnya sama, untuk menghagai, menghormati, dan memanusiakan manusia. Semantara bagi lingkungan yang kerap menggunakan bahasa Jawa akan terasa wagu jika ada panggilan Kak dan lebih sopan menggunakan panggilan Mas.

Panggilan Mas rupanya banyak diucapkan di berbagai situasi dan kondisi. Nah untuk itu, berikut aku jebarkan beberapa panggilan Mas yang biasa dipraktekan di masyarakat.

Kakak dalam Hubungan Keluarga

Umumnya, panggilan Mas ditujukan kepada kakak kandung atau tiri atau keponakan pria. Budaya Jawa bukan seperti di Amerika yang manggil bapaknya saja pakai nama. Di Jawa, panggilan bapak itu sama artinya dengan mengejek. Kasta ini masih dibudayakan untuk menunjukan sikap penghormatan kepada yang lebih tua.

Orang yang Dianggap Lebih Tua

Siapa pun yang punya wajah terlihat tua atau rambut mulai tumbuh uban, biasanya layak dipanggil Mas. Menghargai bahwa orang yang lebih tua itu punya pengetahuan dan pengalaman yang lebih banyak daripada kita yang lebih muda.

Orang yang Dianggap Berpendidikan

Parameternya sudah tidak lagi umur, melainkan tingkat pendidikan seseorang. Semakin tinggi pendidikannya, semakin pantas ia dipanggil Mas. Bahkan orang yang jauh lebih tua akan terbiasa memanggil anak muda yang pendidikannya tinggi dengan panggilan Mas.

Orang yang Punya Pangkat atau Jabatan

Kalau orang lebih muda akan memanggilnya Pak, sementara orang yang lebih tua akan memanggilnya Mas. Hal ini biasa dipraktekan kepada perangkat desa atau pengurus daerah yang punya usia jauh lebih muda.

Orang Ketemu di Jalan atau Tempat Umum

Orang Jawa tidak etis menanyakan umur kepada orang yang baru pertama dilihatnya di tempat umum untuk memantaskan sebuah panggilan. Biasanya secara otomatis mereka akan memanggilnya Mas, tanpa indikator pendidikan dan jabatan.

Rekan Kerja yang Tidak Terlalu Akrab

Kalau sudah akrab mungkin bisa dipanggir nama asli atau tarakan. Namun kalau tidak begitu akrab akan biasa dipanggil Mas. Meski terkesan ada jarak, namun panggilan Mas dianggap mampu menunjukan sikap menghormati rekan kerja. Meskipun itu panggilan yang dilakukan oleh Board of Director kepada petugas gudang.

Lingkungan Formal

Dalam lingkungan formal panggilan Mas kerap diucapkan. Misalkan dalam lingkungan sekolah, guru biasa memanggil murid laki-lakinya dengan Mas. Begitu juga di kampus atau organisasi resmi lainnya.

Orang Tua Kepada Anak Pertama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun