Mohon tunggu...
Jepe Jepe
Jepe Jepe Mohon Tunggu... Teknisi - kothak kathik gathuk

Males nulis panjang.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

3 Misteri Dunia Aviasi, Baca Ini Sebelum Mengangkasa!

14 September 2022   12:53 Diperbarui: 14 September 2022   17:30 390 39 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
3 Misteri Dunia Aviasi, Baca Ini Sebelum Mengangkasa! (foto pribadi)

Ada 3 misteri besar di dunia aviasi yang hingga kini masih terjadi dan belum terpecahkan.

Tiga misteri atau enigma ini terjadi khususnya di sektor penerbangan pesawat penumpang baik itu domestik maupun antar-negara alias internasional.

Enigma-enigma ini semakin relevan untuk kita ketahui dan pahami, terutama di saat pembatasan penerbangan terkait pandemi COVID-19 sudah semakin dihilangkan. Serangkain langkah mungkin perlu kita ambil terkait ketiga enigma di tulisan ini untuk mempersiapkan perjalanan dengan pesawat udara yang mungkin kita rencanakan.

Apa saja ketiga enigma atau misteri dunia penerbangan ini?

Misteri I: para penumpang yang selalu ingin buru-buru turun saat pesawat berhenti

Para penumpang yang ingin buru-butu turun saat pesawat berhenti (foto pribadi)
Para penumpang yang ingin buru-butu turun saat pesawat berhenti (foto pribadi)

Saat pesawat baru saja mendarat lalu berhenti di ujung terminal bandara, bisa kita pastikan terjadi adegan yang sama yang telah terjadi sejak penerbangan pesawat penumpang dikomersialisasikan. Para penumpang yang buru-buru ambil barang-barangnya di bagasi atas lalu berdiri ingin buru-buru turun atau beranjak ke luar pesawat. Kecuali saat para pramugari bertindak tegas, para penumpang di mana pun, di Indonesia, Tiongkok, Kamboja, Papua Nugini, Belgia, Belize, maupun Amerika Serikat pasti melakukan hal yang sama.

Sampai saat ini tidak ada yang mengerti mengapa kapan pun dan di mana pun hal ini selalu terjadi. Padahal kita tahu sendiri bahwa setelah bisa turun dari pesawat minimal para penumpang masih akan menunggu koper-kopernya yang di-checked-in untuk dikeluarkan lewat ban berjalan. Di penerbangan internasional, bahkan masih ada beberapa "ritual" lagi seperti antrean interview di loket imigrasi dan para petugasnya yang umumnya ramah dan murah senyum, antrean pemeriksaan bea cukai, maupun pemeriksaan sertifikat vaksin.

Belum lagj jika di Terminal 3 (Internasional) Bandara Soekarno Hatta, maka setelah turun Anda kemungkinan besar harus berjalan menelusuri lorong sunyi sepanjang sekitar 300 meter. Atau Anda, para pembaca, tahu apa alasannya para penumpang pesawat udara selalu buru-buru ingin turun?

Misteri II: koper-koper tanpa pemilik dan para pemilik tanpa koper

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan