Mohon tunggu...
Jepe Jepe
Jepe Jepe Mohon Tunggu... Teknisi - kotak katik gathuk

Males nulis panjang.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Nikuba yang Membuat Kita Bertanya-tanya

11 Juni 2022   08:05 Diperbarui: 11 Juni 2022   17:10 1048 72 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bentuk Nikuba ciptaan Ariyanto Misel warga Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Sumber: Tribunjabar via Kompas.com

Umat manusia sudah sejak lama memimpikan terciptanya kendaraan bermotor yang bisa bergerak dengan bahan bakar air. Air, senyawa dengan rumus kimia H2O yang memang pada dasarnya tersedia di mana-mana dalam jumlah yang nyaris tak terbatas. Alangkah mudahnya hidup jika pergerakan atau mobilitas manusia moderen bisa menggunakan moda transportasi berbasis air.

Dua bulan belakangan ini, suatu penemuan sebuah alat di Cirebon yang disebut Nikuba cukup menggembarkan pemberitaan di media massa di tanah air. 

Liputan Kompas.com 25 Mei 2022, misalnya memberitakan bagaimana penemuan Aryanto Misel yang berupa alat yang mampu mengubah air menjadi hidrogen mampu membantu menghemat bahan bakar yang dipakai di kendaraan bermotor hingga 40% sampai 50%. 

Seperti pada foto di tulisan ini, alat yang dinamakan Nikuba ini telah dipasang di atas spoiler beberapa sepeda motor milik Kodam III Siliwangi, Cirebon. Sebuah wadah berisi air murni terhubung dengan kabel ke aki motor dan beberapa pipa yang masuk ke manipol pembakaran di mesin motor. Aryanto Misel menyebutkan adanya dorongan dari rekan-rekannya untuk membuat sepeda motor yang melaju sepenuhnya dengan bahan bakar air. 

Artikel di Kompas 23 Mei 2022 yang ditulis Aiman Witjaksono menyebutkan bahwa alat itu bekerja dengan prinsip elektrolisa yaitu pemisahan hidrogen dari oksigen di air di dalam wadah dengan menggunakan tenaga listrik dari aki motor. Gas hidrogen yang dihasilkan dari proses elektrolisa disalurkan ke dalam karburator sementara oksigennya diolah kembali untuk menghasilkan hidrogen lagi. 

Nikuba yang Membuat Kita Bertanya-tanya(Foto: Pembangkit 'Hidrogen Nikuba' Dipasang di Sepeda Motor, IG HidrogenNikuba)
Nikuba yang Membuat Kita Bertanya-tanya(Foto: Pembangkit 'Hidrogen Nikuba' Dipasang di Sepeda Motor, IG HidrogenNikuba)

Di artikel tersebut, tanpa menyebut berapa liter bensin yang dipakai, Aryanto Misel mengatakan bahwa hanya diperlukan satu liter air untuk sebuah sepeda motor bisa menempuh perjalanan pulang pergi Cirebon-Semarang (sekitar 500 kilometer). Danrem Lemahabang, Cirebon malah menyebutkan bahwa dua motor milik Kodim tidak pernah lagi diisi BBM selama dua bulan sejak dipasangi Nikuba.

Tak heran kalau sekarang kita gempar. Jika, pemberitaan-pemberitaan di atas akurat, tentu satu pertanyaan besarnya adalah:

Benarkah Nikuba adalah cikal bakal kendaraan yang akan bergerak sepenuhnya dengan tenaga air?

Hidrogen, unsur kimia dengan simbol H merupakan elemen dari air (H20). Hidrogen sebagai unsur terpisah san berdiri sendiri sebagai H2 adalah bahan bakar yang bersih, karena jika dibakar dengan oksigen, maka hidrogen akan menghasilkan tenaga dan emisinya hanyalah berupa uap air.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan