Mohon tunggu...
Yuniarto Hendy
Yuniarto Hendy Mohon Tunggu... Penulis lepas

hanya menulis di waktu luang saja. IG : Yuniarto_Hendy

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Yinxu dan Peninggalan Dinasti Shang

22 Juni 2019   12:29 Diperbarui: 22 Juni 2019   12:35 0 7 1 Mohon Tunggu...
Yinxu dan Peninggalan Dinasti Shang
Pengunjung museum Yinxu memotret Ding, bejana ritual perunggu |Dokumentasi pribadi

Yinxu (harafiah: reruntuhan kota Yin) adalah situs salah satu ibu kota kuno dalam sejarah utama Tiongkok. Sisa-sisa dari reruntuhan mewakili kota kuno Yin, ibukota terakhir dari dinasti Shang. Dinasti Shang (1700-1027 SM) adalah dinasti yang berkuasa paling awal di Tiongkok. 

Meskipun sebelum dinasti Shang terdapat dinasti Xia (2070-1600 SM), namun dinasti ini tidak memiliki banyak bukti historis. Catatan tertulis paling awal dalam dari Dinasti Shang dimulai ketika seorang kepala suku bernama Tang mengalahkan Dinasti Xia pada 1766 SM yang berada di bawah kepemimpinan Jie, seorang kaisar tiran. Jie selamat dari pertempuran tetapi kemudian meninggal karena sakit.

Dinasti Shang dikenal dengan kemajuan mereka dalam matematika, astronomi, karya seni, dan teknologi militer. Bukti yang menunjukkan bahwa Dinasti Shang memiliki peradaban maju untuk masanya adalah karya-karya perunggu yang canggih, tembikar, keramik, dan pernak-pernik yang terbuat dari batu giok. 

peralatan rumah tangga perunggu peninggalan dinasti Shang|Dokumentasi pribadi
peralatan rumah tangga perunggu peninggalan dinasti Shang|Dokumentasi pribadi

Pemerintah kerajaan dan bangsawan Shang membutuhkan sejumlah besar peralatan perunggu yang berbeda untuk berbagai keperluan upacara dan rumah tangga. Dalam bidang militer ditemukan artefak persenjataan seperti tombak berujung perunggu, kapak, dan busur. Selain itu, tentara Shang telah dilengkapi dengan kereta berkuda.

kereta perang dan kerangka tentara dinasti Shang|Dokumentasi pribadi
kereta perang dan kerangka tentara dinasti Shang|Dokumentasi pribadi

Situs Yinxu yang terletak di kota Anyang, provinsi Henan, dijadikan ibu kota yang diperintah oleh raja-raja Shang selama lebih dari dua abad, dengan altar, kuil, dan istana yang terletak di tengah. Di sekeliling istana adalah kawasan para pengrajin yang terdiri dari kawasan industri pemahat batu, pengrajin perunggu, tembikar, dan lainnya. Kemudian bagian yang terluar adalah perumahan penduduk dan area pemakaman.

Sebagian besar sejarah tentang dinasti Shang diketahui dari tulang ramalan (oracle bones) yang ditemukan di situs Yinxu. Keberadaan tulang ramalan sebagai bukti ulisan China paling tua memiliki asal-usul penemuan yang menarik. 

Tulang ramalan pada awalnya dinamakan "tulang naga", yaitu potongan-potongan tulang (cangkang kura-kura dan tulang belikat sapi) bergurat dan belum disadari bahwa kumpulan guratan tersebut merupakan bentuk tertua tulisan China (disebut Hanzi atau Kanji). Pada awalnya tulang naga dimanfaatkan sebagai obat tradisional dan banyak dijual oleh para apoteker di toko obat tradisional.

tulang ramalan (Jia gu wen) bertuliskan aksara China kuno 
tulang ramalan (Jia gu wen) bertuliskan aksara China kuno 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2