Mohon tunggu...
John WP
John WP Mohon Tunggu... New Chance New Opportunity

Happy with new chance and new opportunity, always self explore for new experiences and easy going. Aviation Lover and safety and security concern Like for managements system and business method

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Dampak Pandemi Covid-19 pada Ekonomi Makro dan Mikro

11 Mei 2020   12:33 Diperbarui: 11 Mei 2020   12:39 2908 2 0 Mohon Tunggu...

Dalam masa pandemi Covid19 ini yang mungkin siapapun tak akan tau kapan akan berakhir, terlepas hal ini terjadi akibat dari faktor atau unsur kesengajaan atau tidak, efeknya dirasakan oleh masyarakat / manusia di seluruh dunia.

Dampak paling terasa selain daripada sakit dan kematian adalah sektor ekonomi, dari sisi ekonomi jelas berdampak sangat keras baik secara individu, perusahaan, maupun pemerintahan di seluruh dunia tanpa terkecuali, namun dibalik itu juga ada yang mengalami peningkatan penjualan atau pendapatan akibat efek dari pandemi ini.

PERUSAHAAN MAKRO

Dampak peningkatan penjualan dan pendapatan dirasakan oleh perusahaan besar (makro) yang memproduksi berbagai kebutuhan mulai dari Alat Pelindung Diri (APD)  termasuk perusahahaan pembuat masker, valsin dan obat yang diperlukan lainnya untuk pencegahan penularan pandemi Covid ini serta kebutuhan lainnya.

JASA

Bidang jasa yang tak kalah penjualan dan peningkatan pendapatan adalah, Perusahaan jasa telekomonikasi, dengan Work From home (WFH), Belajar dari Rumah (Daring) dan stay at home semua menggunakan jasa telekomunikasi melalui dunia maya atau internet, teleconference meeting/rapat, mengajar, seminar dan lainnya semuanya menggunakan jaringan internet. Sehingga dapat di pastikan bahwa peningkatan penjualan dan pendapatan perusahaan jasa telekomunikasi ini meningkat drastis.

USAHA MIKRO

Dampak negatif dan minus serta banyak yang gulung tikar dirasakan oleh pengusaha/pedagang kecil dan retail termasuk pasar tradisional dan warung2 kecil yang mengandalkan kedatangan pelanggan, dampak ini dirasakan paling bayak yang mengalami kebangkrutan, walau ada juga berusahaan besar yang mengalami tutup dan boleh dibilang bangkrut, namun danpak yang sangat berat dirasakan langsung adalah para pengusaha kecil (mikro).

EXPLORASI KEMAMPUAN

Ada sebagian orang/golongan yang dapat dibilang kreatif dan inovatif yang dapat bertahan dan membanting setir atau alih profesi dengan masa pandemi seperti ini sehingga membuat sebagian orang berpikir lebih dan menggali potensi diri untuk dapat bertahan hidup serta membuka peluang bagi orang lain, segolongan orang2 semacam inilqhbyang mestinya di rangkul oleh pihak besar baik pemerintah maupun pengusaha yang memiliki modal besar untuk menghidupkan kembali ekonomi yang sedang tidak menentu seperti sekarang ini, agar segera dapat memulihkan ekonomi rakyat dan tidak menggunakan banyak anggaran negara sebagai bantuan tunai dan konsumtif yang hanya habis untuk dimakan dalam hitungan hari saja.

Semoga hal seperti uraian diatas sudah dipikirkan dan sedang dipersiapkan solusinya baik dari pihak pengusaha swasta maupun dari pihak pemerintah untuk segera dapat direalisasikan sebagai solusi cepat.

Terima kasih

Jhon Wakijan

VIDEO PILIHAN