Mohon tunggu...
Yohanes Pambudi
Yohanes Pambudi Mohon Tunggu... Bankir Yang Suka Membaca dan Menulis

Officer Trade Sales Bank

Selanjutnya

Tutup

Bola

Dortmund vs Bayern Hasilnya Paco Alcacer Juaranya

11 November 2018   12:49 Diperbarui: 11 November 2018   13:22 0 1 0 Mohon Tunggu...
Dortmund vs Bayern Hasilnya Paco Alcacer Juaranya
Selebrasi Paco Alcacer - Kompas.com

Pertandingan antara Borussia Dortmund vs Bayern Munchen dinihari tadi berakhir dengan skor 3-2. Stadion Signal Iduna Park menjadi saksi bisu kemenangan Dortmund di ajang Liga Jerman tersebut. Nampaknya tidak sia-sia usaha Dortmund meminjam pemain dari klub Barcelona yaitu Paco Alcacer yang terbukti telah menjadi penentu kemenangan bagi Dortmund.

Padahal dalam 3 laga terakhir pertemuan kedua tim, Bayern Munchen selalu lebih unggul melawan Borussia Dortmund. Entah apa yang terjadi dengan Bayern Munchen, mungkinkah mereka masih belum solid dengan pelatih mereka yang baru Niko Kovac atau mungkin ada sebab lain. Berikut ini adalah empat laga pertemuan terakhir kedua tim:

31/03/18  Borussia Dortmund - FC Bayern Munchen 0 : 6

04/11/17 Borussia Dortmund - FC Bayern Munchen 1 : 3

08/04/17  Borussia Dortmund - FC Bayern Munchen 1 : 4

19/11/16 Borussia Dortmund - FC Bayern Munchen 1 : 0

Untuk kompasianers yang suka menyaksikan liga Jerman saya yakin anda memahami betul bahwa sejak awal pertandingan Dortmund lebih diunggulkan. Selain karena prestasi Bayern Munchen yang belakangan kurang cemerlang, selain itu juga disebabkan oleh penampilan Dortmund yang kian apik.  Sepanjang musin ini Dortmund belum terkalahkan sema sekali. Penampilannya di Liga Champions  juga cemerlang namun sayang rekor tak pernah kalah telah ditumbangkan oleh Atletico Madrid pertengahan pekan yang lalu.

Dibabak pertama Dortmund tertinggal 1-0 berkat permainan apik Lewandowski. Wasit pun sempat mengganjar Dortmund dengan 2 kartu kuning yang dialamatkan pada pemain gelandang (Julian Weigl) dan bertahan (Manuel Akanji). Tidak mau ambil risiko, pelatih Dortmund langsung mengganti Julian Weigl di babak kedua. Pola permainan berubah setelah Mahmoud Dahoud ditunjuk sebagai pegganti Julian Weigl dan akhirnya gol penyeimbang tercipta.

Tendangan penalti Marco Reus pada awal babak kedua telah membuat kedudukan menjadi imbang 1-1. Namun hal tersebut ternayta tidak bertahan lama, selang tiga menit Robert Lewandowski kembali menambah pundi pundi gol untuk Bayern Munchen sehingga kembali unggul 1-2.

Lucien Favre Manajer Dortmund akhirnya mengeluarkan jurus pamungkas dengan menarik Mario Goetze dan menggantinya dengan Paco Alcacer yang merupakan pemain pinjaman dari Barcelona. Dengan gaya permainan yang berbeda akhirnya Alcacer berhasil memecahkan konsentrasi pemain belakang Bayern Munchen dan terjadi lagi gol penyeimbang yang kedua. Dortmund berhasil menambah skor melalui tendangan Marco Reus.

Paco Alcacer dengan tenaga yang masih prima terbukti masih mampu berbuat banyak untuk Dortmund. Dia berlari ke depan saat Jadon Sancho berhasil mengambil bola dari Franck Ribery. Bola dengan cepat diumpankan kepada Axel Wisel lalu segera mengubahknya menjadi umpan terobosan ke depan Alcacer. Dengan kecepatan tinggi Alcacer berlari hingga lolos dari pengawalan lalu mengecoh Manuel Neuer dan terjadilah gol kemenagan. Skor berubah menjadi 3-2 untuk kemenangan Dortmund. Dengan kemenangan ini posisi Dortmund kokoh bertengger di puncak klasemen Bundesliga dengan 8 kali menang dan tiga kali bermain imbang.

VIDEO PILIHAN