Mohon tunggu...
johannes simorangkir
johannes simorangkir Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG Prajabatan

hay teman-teman perkenalkan nama saya Johannes Simorangkir, S.Pd, saya alumni dari Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar Tahu 2022 dan saya bekerja tahun 2023 dan saya kembali kuliah PPG di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan sekarang masih berjalan Hobi Saya Memasak dan Bernyanyi, dan Berenang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cara Membuat Tempat Duduk di Kelas

25 Maret 2024   23:24 Diperbarui: 25 Maret 2024   23:29 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

contoh penyusunan kursi berdiferensiasi 

buat bapak/ibu guru saya johannes simoranngkir ingin memberikan contoh atau penyusunan kursi yang berdiferensiasi 

saya sangat berkeinginan semoga tulisan saya ini dapat membantu bapak atau ibu untuk menysusun kursi buat dikelas saya memberikan 2 contoh penyusunan kursi yang bagus dan menarik yaitu 

1. Kursi ditata dengan rapi berbentuk Letter U kenapa saya merekomendasikan bentuk penyusunan  ini karena pembelajaran lebih fleksibel dan luas, dan meja guru didepan sehingga ketika guru mengajar lebih bebas untuk diperhatikan oleh peserta didik dibandingkan penyusunan meja secara berbanjar karena lebih banyak memakan tempat sehingga guru lebih susah menguasai suasana tempat mengajar di kelas. dengan penerapan kursi dan meja letter U ini lebih memacu siswa untuk fokus belajar karena siswa langsung dapat kita lihat dibandingkan berbanjar yang terlalu sempit dan susah untuk berjalan

2. Kursi ditata dengan rapi berbentuk kelompok, kenapa saya merekomendasikan bentuk penyusunan ini karena siswa dilatih untuk saling terbuka dengan tim, dalam bekerja kelompok dalam menyampaikan pendapat atau diskusi dengan teman yang berbeda sehingga siswa dapat musyawarah dalam menyelesaikan tugas kelompok. siswa yang berkelompok juga lebih menantang bagi saya karena guru dapat memancing siswa untuk berpikir kritis dalam menyampaikan hasil diskusi guna untuk membangkitkan semangat siswa untuk belajar. 

Oleh karena itu alangkah baiknya kita sebagai Bapak/Ibu Guru selalu kreatif dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman serta menyenangkan bagi peserta didik. serta kita harus terbuka kepada siswa sehingga siswa tidak takut dengan kita. mana pun yang kita terapkan dikelas kita ini hanya referensi yang menurut yang sudah saya terapkan dikelas saya dan menurut saya sangat aman dan nyaman bagi siswa dan saya juga lebih fleksibel dalam mengajar. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun