- Pemanfaatan Perangkat TIK dalam Pembelajaran Abad ke-21
- TIK dan kreativitas peserta didik
Dalam pelaksanaan pembelajaran, TIK dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Peserta didik dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta menggunakan TIK untuk belajar secara jarak jauh.
- TIK dan aktivitas kolaborasi peserta didik
Dalam proses belajar mengajar, peserta didik juga dapat memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia untuk digunakan sebagai sarana kolaborasi dalam pembelajaran di kelas, yang dapat dipandu oleh guru untuk melaksanakan proses belajar yang baik dan menyenangkan sehingga siswa dapat memahami pembelajaran yang telah disampaikan dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti penggunaan TIK.
- TIK sebagai media komunikasi peserta didik dalam pembelajaran
Teknologi informasi dan komunikasi juga dapat digunakan sebagai media komunikasi peserta didik dalam kaitannya dengan pembelajaran. Salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas email (electronic mail) yang terdapat pada jaringan internet. Dengan menggunakan email peserta didik dapat berkomunikasi dengan sesame peserta didik, dengan guru bahkan dengan stakeholder lain yang dapat membantu proses pembelajaran peserta didik.
- Dampak TIK di Sekolah, Pengajaran, dan Pembelajaran
- TIK dalam bidang pendidikan
TIK memiliki dampak yang nyata di sekolah, pada pengajaran dan pembelajaran. Pada tingkat institusi, sekolah memiliki kebutuhan yang sama dengan bisnis kecil manapun dan menggunakan jenis perangkat lunak komputer yang sama untuk tugas-tugas seperti akuntansi, pengendalian persediaan, berkomunikasi, persiapan dokumen dan pencetakan serta menggunakan TIK untuk proses belajar seperti menggunakan infocus sehingga pembelajaran lebih menarik. Â
- Pergeseran Pandangan Tentang Pembelajaran
Pembelajaran yang awalnya hanya terjadi di ruang-ruang kelas yang kerap membosankan kini dapat terjadi di ruang maya yang tidak terikat oleh ruang dan waktu, yang dapat di akses kapan saja dan dimana saja.
- Fourth Revolution (Revolusi Keempat)
Kemajuan pesat teknologi juga memberikan dampak yaitu mengubah manusia dan memberikan banyak kemampuan dan pengetahuan baru yang dapat diakses oleh manusia dari digital yang mereka miliki.
- Keterampilan yang dibutuhkan peserta didik untuk abad ke-21
Beberapa keterampilan luas yang dibutuhkan oleh peserta didik di abad ke-21. Keterampilan tersebut mencakup: (1) mata pelajaran inti dan tema abad ke-21, (2) keterampilan belajar dan inovasi, (3) keterampilan informasi, media, dan teknologi, serta (4) keterampilan hidup dan karir. Untuk mendukung keterampilan tersebut diperlukan sistem pendukung seperti standar penilaian, kurikulum, pengembangan profesional, dan lingkungan belajar yang menyenangkan.