Mohon tunggu...
johannes simorangkir
johannes simorangkir Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG Prajabatan

hay teman-teman perkenalkan nama saya Johannes Simorangkir, S.Pd, saya alumni dari Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar Tahu 2022 dan saya bekerja tahun 2023 dan saya kembali kuliah PPG di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan sekarang masih berjalan Hobi Saya Memasak dan Bernyanyi, dan Berenang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Perangakt TIK dalam Pembelajaran Abad ke 21

1 Maret 2024   20:23 Diperbarui: 1 Maret 2024   20:25 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dalam pelaksanaan pembelajaran, TIK dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Peserta didik dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta menggunakan TIK untuk belajar secara jarak jauh.

  • TIK dan aktivitas kolaborasi peserta didik

Dalam proses belajar mengajar, peserta didik juga dapat memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia untuk digunakan sebagai sarana kolaborasi dalam pembelajaran di kelas, yang dapat dipandu oleh guru untuk melaksanakan proses belajar yang baik dan menyenangkan sehingga siswa dapat memahami pembelajaran yang telah disampaikan dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti penggunaan TIK.

  • TIK sebagai media komunikasi peserta didik dalam pembelajaran

Teknologi informasi dan komunikasi juga dapat digunakan sebagai media komunikasi peserta didik dalam kaitannya dengan pembelajaran. Salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas email (electronic mail) yang terdapat pada jaringan internet. Dengan menggunakan email peserta didik dapat berkomunikasi dengan sesame peserta didik, dengan guru bahkan dengan stakeholder lain yang dapat membantu proses pembelajaran peserta didik.

  • Dampak TIK di Sekolah, Pengajaran, dan Pembelajaran
  • TIK dalam bidang pendidikan

TIK memiliki dampak yang nyata di sekolah, pada pengajaran dan pembelajaran. Pada tingkat institusi, sekolah memiliki kebutuhan yang sama dengan bisnis kecil manapun dan menggunakan jenis perangkat lunak komputer yang sama untuk tugas-tugas seperti akuntansi, pengendalian persediaan, berkomunikasi, persiapan dokumen dan pencetakan serta menggunakan TIK untuk proses belajar seperti menggunakan infocus sehingga pembelajaran lebih menarik.  

  • Pergeseran Pandangan Tentang Pembelajaran

Pembelajaran yang awalnya hanya terjadi di ruang-ruang kelas yang kerap membosankan kini dapat terjadi di ruang maya yang tidak terikat oleh ruang dan waktu, yang dapat di akses kapan saja dan dimana saja.

  • Fourth Revolution (Revolusi Keempat)

Kemajuan pesat teknologi juga memberikan dampak yaitu mengubah manusia dan memberikan banyak kemampuan dan pengetahuan baru yang dapat diakses oleh manusia dari digital yang mereka miliki.

  • Keterampilan yang dibutuhkan peserta didik untuk abad ke-21

Beberapa keterampilan luas yang dibutuhkan oleh peserta didik di abad ke-21. Keterampilan tersebut mencakup: (1) mata pelajaran inti dan tema abad ke-21, (2) keterampilan belajar dan inovasi, (3) keterampilan informasi, media, dan teknologi, serta (4) keterampilan hidup dan karir. Untuk mendukung keterampilan tersebut diperlukan sistem pendukung seperti standar penilaian, kurikulum, pengembangan profesional, dan lingkungan belajar yang menyenangkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun