Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Dosen

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Catatan Sekilas Kuliah Umum Rektor IPB Arif Satria di Universitas Sam Ratulangi

5 Februari 2020   08:29 Diperbarui: 5 Februari 2020   09:58 67 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Catatan Sekilas Kuliah Umum Rektor IPB Arif Satria di Universitas Sam Ratulangi
Prof Dr Arif Satria SP MSi (sumber:pinkysaerang)

Prof Dr Arif Satria SP MSi, Rektor Institut Pertanian Bogor hadir di kampus Unsrat, selasa 4 Pebruari 2020. Kehadirannya diberi label "kuliah umum" bertajuk "Strategi Perguruan Tinggi Menghadapi Revolusi Industri 4.0" yang diikuti warga Uniersitas (Pimpinan Unsrat, Pimpinan kelembagaan, pimpinan Fakultas, Dosen dan mahasiswa).

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat, MSc DEA (sumber: unsrat.ac.id)
Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat, MSc DEA (sumber: unsrat.ac.id)
Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat, MSc DEA dalam sambutan mengajak adik adik mahasiswa agar memanfaatkan kuliah umum ini sebesar-besarnya dan bisa megambil ilmu untuk nantinya dipakai ke depan. Rektor berharap kuliah umum ini akan mempertajam peran dan fungsi kita msing-masing dan mahasiswa bisa mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya serta bagaimana pendidikan tinggi untuk bersama-sama  menghasilkan SDM yang berkualitas  untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Rektor IPB Prof Dr Arif Satria SP MSi(sumber:unsrat.ac.id)
Rektor IPB Prof Dr Arif Satria SP MSi(sumber:unsrat.ac.id)
Rektor IPB Prof.Dr Arif Satria SP MSi mengatakan agar kita harus responsif terhadap perubahan dan kita bisa saja dengan melihat perkembangan yang terjadi pada negara tetangga Singapura. Bagaimana mereka merubah kurikulum untuk mendorong orang memiliki jiwa enterpreneurship yang tinggi.Harapannya kita harus mempunyai kelincahan dan kecepatan dalam bekerja karena itu menjadi faktor variabel yang begitu di perlukan.

Nah, warga Unsrat khususnya mahasiswa yang mengikuti kuliah umum ini memanfaatkan kesempatan baik dan langka ini. Mendapatkan kuliah dari orang nomor satu IPB merupakan momentum yang sangat baik untuk menimba ilmu dan pengalaman. 

Sebagaimana kita ketahui, Prof Arif Satria adalah sosok berpengalaman di kampus dan diluar kampus yang cukup lengkap. Sejumlah organisasi profesi di bidang pertanian, kelautan dan perikanan telah ia geluti dan jadi pengurus penting disana. Bahkan sejak mahasiswa, ia telah aktif sebagai pemimpin di senat kampus dan organisasi ekstra kampus. Di lingkungan kampus IPB sosok Arif dikenal dekat dengan sesama dosen dan mahasiswanya. Ia dikenal sebagai pribadi yang penuh inspiratif, terbuka dan inovatif.

Ia terpilih memimpin salah satu institusi Perguruan Tinggi ternama IPB dengan belasan ribu mahasiswa dan ratusan dosen dalam usia terbilang muda yaitu 46 tahun. Sebagai rektor ia merancang program unggulan dimana salah satunya capaian target 10 persen lulusan IPB bergerak di bidang wirausaha. Sekedar lebih mengetahui sosok Prof Arif Satria silahkan simak disini:https://www.duniadosen.com/yuks-lebih-kenal-dengan-sosok-arif-satria-sang-guru-besar-dan-rektor-ipb/ 

Jadi, kuliah umum Rektor IPB di Universitas Sam Ratulangi ini menjadi bahan yang berguna bagi mahasiswa khususnya untuk mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0. Mahasiswa dan warga Unsrat terinspirasi dan termotivasi untuk terus bekerja keras meraih prestasi dan keberhasilan sebagai SDM handal di masa depan. Olehnya, Rektor Unsrat atas nama warga Unsrat berterima kasih kepada Prof Dr Arif Satria SP MSi yang sudah memberi bekal ilmu dan pengalaman yang berharga ini.

Rektor Unsrat dan Rektor IPB(sumber:unsrat.ac.id)
Rektor Unsrat dan Rektor IPB(sumber:unsrat.ac.id)
Peserta kuliah umum(sumber:unsrat.ac.id)
Peserta kuliah umum(sumber:unsrat.ac.id)
Foto bersama(sumber:unsrat.ac.id)
Foto bersama(sumber:unsrat.ac.id)
Semoga bermanfaat.

Manado 05022020.

VIDEO PILIHAN