Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Dosen

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Penyuluhan Sistem Administrasi dan Pelatihan Akuntansi BUMDES di Kecamatan Kauditan, Minahasa Utara

3 Desember 2019   11:56 Diperbarui: 3 Desember 2019   14:29 0 19 4 Mohon Tunggu...
Penyuluhan Sistem Administrasi dan Pelatihan Akuntansi BUMDES di Kecamatan Kauditan, Minahasa Utara
Nara sumber penyuluhan dan pelatihan(sumber:lyndonpangemanan)

Seiring dengan lahirnya Undang Undang tentang desa telah membuka peluang pemanfaatan potensi desa lewat pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di pedesaan seluruh Indonesia. Memang pembentukan Bumdes menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menggerakkan perekonomian desa. Bumdes diharapkan menjadi lokomotif bagi berkembangnya ekonomi desa yang dapat mensejahterakan dan mengurangi kemiskinan masyarakat desa.

Agar tujuan tersebut tercapai, bumdes perlu di kelola secara profesional agar dapat bersaing dengan badan usaha lainnya.

Inilah yang melatarbelakangi pemikiran para pemerhati pembangunan pedesaan yang tergerak membagi ipteks yang di butuhkan oleh pengurus atau pngelola bumdes di desa. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) menjadi kegiatan yang relevan dengan itu, yang di selenggarakan oleh tim penyuluh dan pelatih dari Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ir Lyndon Reinhard Jacob Pangemanan, M.E dan Sherly G Jocom,S.P.,MSi menyusun program penyuluhan dan pelatihan berjudul "Penyuluhan Sistem Administrasi Badan Usaha Milik Desa dan Pelatihan Akuntansi Bumdes di Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara".

Program ini bertujuan untuk mengadakan penyuluhan dan pelatihan tentang administrasi Bumdes dan pelatihan  akuntansi Bumdes di kecamatan Kauditan dengan mitra Bumdes Maudit Desa Kauditan I sebagai fokus pendampingaan PKM.

Sasaran program adalah selain Bumdes Maudit sebagai mitra, akan dibina bumdes Esa Mokan dan Tareuman sebagai bumdes yang ada di desa Kauditan I, Kauditan II dan Treman, Kecamatan Kauditan.

salah satu unit usaha produk bumdes(sumber:lyndonpangemanan)
salah satu unit usaha produk bumdes(sumber:lyndonpangemanan)

Output yang diharapkan adalah agar pengurus bumdes memahami sistem administrasi bumdes dan akuntansi/pembukuan serta memiliki kemampuan untuk membuat laporan keuangan bumdes berupa administrasi sederhana yaitu pembuatan buku kas harian, neraca, laporan rugi laba dan laporan perubahan modal.

sambutan pemerintah(sumber:lyndonpangemanan)
sambutan pemerintah(sumber:lyndonpangemanan)

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini diawali dengan sosialisasi kemitraan kepada para pengurus bumdes Maudit, Esa Mokan dan Tareuman di aula kantor desa kauditan 1, pada  28 Juni 2019. Acara ini dihadiri Ibu Diane Rumambi, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Minahasa Utara, sekcam Kauditan Ibu Bertha Loutje Katuuk,S.P, Tim Penyuluh/Pelatih Ir Lyndon RJ Pangemanan, M.E dan Ir Eyverson Ruauw, MSi serta pengurus dan anggota Bumdes sekitar 50 orang.

Ir Eyverson Ruauw, MSi memberikan materi pelatihaan(sumber:lyndonpangemanan)
Ir Eyverson Ruauw, MSi memberikan materi pelatihaan(sumber:lyndonpangemanan)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN