Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Dosen

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sekilas Hari Kemerdekaan AS Tanggal 4 Juli

4 Juli 2019   09:31 Diperbarui: 4 Juli 2019   09:44 0 34 10 Mohon Tunggu...
Sekilas Hari Kemerdekaan AS Tanggal 4 Juli
independent day AS(sumber:ef.co.id)

Hari ini, 4 Juli menjadi hari bersejarah bagi rakyat Amerika Serikat yaitu merayakan hari kemerdekaan.

Deklarasi kemerdekaan adalah suatu akta dari Kongres Kontinental Kedua yang di adopsi pada 4 Juli 1776 yang menyatakan bahwa Tiga Belas Koloni memerdekakan diri dari Britania Raya.

Deklarasi yang sebagian besar di tulis Thomas Jefferson menjelaskan pembenaran atau justifikasi untuk melepaskan diri dan merupakan pengembangan dari Resolusi Lee tanggal 2 Juli yang untuk pertama kalinya menyatakan kemerdekaan Amerika Serikat.

Para delegasi menandatangani deklarasi ini pada 2 Agustus dan saat ini deklarasi di pamerkan di National Archives and Records Administration di Washington DC.

Deklarasi ini dianggap sebagai salah satu dokumen pendirian Amerika Serikat pada tanggal 4 Juli dirayakan sebagai hari kemerdekaan.

dokumen deklarasi (sumber:id.wikipedia.org)
dokumen deklarasi (sumber:id.wikipedia.org)
"Declaration of Independence" ini ditandatangani banyak orang pada tanggal 2 Juli 1776 namun kongres baru menerima dan menjelaskan kepada masyarakat pada 2 hari kemudian yaitu tanggal 4 Juli 1776.

Orang Amerika Serikat memanfaatkan hari raya kemerdekaan ini untuk mengadakan wisata. Hari kemerdekaan ini dinayatakan sebagai hari libur kemerdekaan dan jadi hari wisata tersibuk kedua di negara adikuasa ini setelah Natal dan Tahun Baru.

Lazimnya, liburan di Amerika di asosiasikan dengan "makanan". Menurut majalah TIME orang Amerika mengonsumsi hot dog sejumlah 155 juta artinya satu hot dog untuk setiap 2 orang Amerika.

Ayam Kalkun diinginkan Benyamin Franklin menjadi lambang nasional namun ia kalah suara dari John Adams dan Thomas Jefferson memilih lambang nasional "Elang Botak".

Apakah ini suatu kebetulan? John Adams dan Thomas Jefferson meninggal pada tanggal 4 Juli 1826, ketika rakyat Amerika Serikat merayakan 50 tahun kemerdekaan mereka.

Nah, selamat merayakan hari kemerdekaan buat warga Amerika Serikat!!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN