Mohon tunggu...
Chandra Eka jaya
Chandra Eka jaya Mohon Tunggu...

Chandra Eka Jaya, Chandra+Eka+Jaya, Chandra_Eka_Jaya, Chandra.Eka.Jaya, ChandraEkaJaya, #Chandra-Eka-Jaya, #ChandraEkaJaya, #Chandra+Eka+Jaya, #Chandra.Eka.Jaya, #Chandra, #Eka, #Jaya, #Chandra-EkaJaya, Chandra-Ekajaya, #Chandra+Ekajaya, Website: https://mychandraekajaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Cara Membuat Password yang Paling Kuat dan Tak Terpecahkan

14 Juni 2016   12:58 Diperbarui: 14 Juni 2016   13:07 80 1 0 Mohon Tunggu...

Password adalah hal yang sangat sakral sekali di dunia ini. Entah password email, akun-akun pribadi seperti cloud, sosial media, dan lainnya semuanya menjadi penting sekali untuk disimpan dengan baik. Selain karena data diri sendiri yang memang patut dirahasiakan, password sendiri juga memiliki banyak sekali fungsi yang bisa disalah gunakan. Johanes Chandra Ekajaya sendiri selalu berusaha mengganti password secara berkala agar tidak mudah di retas oleh orang orang tidak bertanggung jawab dan suka menggunakannya untuk keperluan pribadi yang tentu sangat merugikan bagi pemilik password tersebut. Ada satu kejadian sendiri yang mana pemilik facebook sendiri bahkan akunnya pernah diretas oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.

Johanes Chandra Ekajaya menemukan fakta yang cukup untuk mengenai mark zuckerberg yang begitu mudah ternyata di retas oleh hacker. Mark sendiri ternyata tidak membuat passwor dengan tingkat kesulitan yang tinggi seperti yang sering kali di sarankan oleh facebook sendiri. Ia hanya membuat password dengan sangat mudah. Ia ternyata menggunakan password "dadada" untuk keamanan pribadi dari akun yang ia miliki tersebut. Password yang dimiliki oleh mark tersebut didapatkan dari sebuah hacker yang berhasil mengumpulkan password linkedin. Hacker yang menamakan diri sebagai ourmine team tersebut mengatakan kalau mereka telah berhasil mencuri ribuan password milik pengguna di seluruh dunia termasuk milik suami dari priscilla chan tersebut.

Dari kasus yang terjadi ini sebenarnya ada satu bagian dari sini yang bisa kita pelajari. Hal ini tentu saja menjadi mudah bagi para pelaku kejahatan jika bisa mendapatkan dengan mudah password yang ada disini. Setiap orang tentu memiliki alasan masing masing kenapa bisa menggunakan password tersebut. Namun sayangnya password yang dipilih tersebut terlalu mudah dan gampang sekali tertebak oleh setiap orang karena memang menjadi password password yang pasaran dan paling banyak digunakan oleh setiap orang di seluruh dunia. Lalu sebenarnya password seperti apa sendiri yang membuat orang menjadi sulit untuk ditebak. Johanes Chandra Ekajaya akan memberikan beberapa contoh agar password tidak mudah ditebak dan di retas oleh hacker. sedangkan untuk memberikan contoh ini sendiri maka butuh pebandingan bagaimana password yang bagus atau yang buruk sendiri seperti apa.

Password yang tidak begitu bagus untuk digunakan disini adalah dimana password tersebut adalah 123456, itu adalah password terburuk yang pernah ada dan tetap mendapatkan peringkat pertama sejak tahun 2014 yang lalu. Berikut adalah berturut turut beberapa password yang memang dianggap buruk dari peringkat pertama ke peringkat 10, yaitu: 12345, password, 12345678,qwerty, 12345, 123456789, football, 1234, 1234567, baseball.

Nah untuk mendapatkan password yang bagus sendiri ada beberapa tips yang dapat digunakan disini seperti yang sudah banyak disarankan oleh facebook ataupun google dalam membuat password. Johanes Chandra ekajaya sendiri memiliki beberapa tips yang mungkin dapat kalian ikuti. Yang pertama tentu saja harus menggunakan huruf capital, terdapat unsure angka, mengandung 6 karakter, dan juga mengandung symbol di dalam password tersebut. 

Meski ini sebenarnya sudah menjadi salah satu yang sangat wajar, namun saya sendiri ada beberapa tips agar password menjadi sangat kuat dan tidak dapat di retas oleh siapa pun. Yang petama adalah, gunakan semua syarat tersebut, dan yang terpenting jangan pernah menggunakan kombinasi tanggal lahir. Selain itu gunakan password sesingkat mungkin dan  serumit mungkin. Meski sulit dihafal, namun akan sulit diretas meski digunakan untuk berbagai password di semua akun. Yang paling penting adalah jangan pernah menggunakan kata atau nama benda. Untuk contoh password yang kuat seperti ini: hQ#f!g, atau J7nF%0.

VIDEO PILIHAN